Presiden Jokowi Lebaran di Yogyakarta, Idul Fitri Perkuat Solidaritas

YOGYAKARTA INSPIRA,- Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama keluarganya menunaikan sholat Idul Fitri 1443 H di Istana Kepresidenan Gedung Agung Yogyakarta.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana ditemani oleh putra bungsu mereka, Kaesang Pangarep.

Presiden menempati saf terdepan, sedangkan Ibu Iriana beranjak ke tempat yang telah ditentukan bagi jamaah perempuan di sisi kiri.

Usai sholat Id, Jokowi kemudian menyampaikan pesan khatib bahwa Idul Fitri merupakan momentum emas untuk memperkuat solidaritas kemanusiaan umat.

“Saya melaksanakan salat Idul Fitri pagi ini di halaman Istana Kepresidenan Yogyakarta. Dalam khotbahnya, khatib Masmin Afif menyampaikan bahwa Idulfitri adalah momentum emas untuk memperkuat solidaritas kemanusiaan umat,” kata Jokowi melalui akun media sosialnya, Senin (2/5/2022).

Dalam khotbahnya, khatib Masmin Afif menyampaikan bahwa Idul Fitri adalah momentum emas untuk memperkuat solidaritas kemanusiaan umat.

Mengutip laman Setkab, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama D.I. Yogyakarta Masmin Afif bertindak sebagai imam sekaligus khatib dalam Shalat Id.

Masmin Afif menyampaikan khotbah bertema “Solidaritas Sosial di Masa Pandemi”.

Khatib Masmin mengatakan jika Idul Fitri menjadi momentum emas untuk memperkuat solidaritas kemanusiaan umat dengan saling peduli, berbagi dan menghargai, saling merajut silaturahim, menyapa dan memaafkan, serta mengaktulisasi nilai-nilai fitrah dalam perbuatan nyata dan perilaku mulia.

“Semoga momentum Idul Fitri juga benar-benar mampu mengantarkan tatanan kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia yang berlandaskan nilai-nilai agama, akhlak mulia, kebersamaan dan kasih sayang, dan terus saling peduli di tengah pandemi demi terciptanya tatanan masyarakat yang berharkat dan bermartabat, sejahtera dan berkeadaban, di bawah naungan rida, magfirah, dan kasih sayang Allah SWT,” terangnya. (MSN)

Leave a Reply

Your email address will not be published.