olahraga yang memperbaiki postur tubuh bungkuk

6 Olahraga Ini Menghilangkan Postur Badan Bungkuk

SPORT INPIRA-Olahraga, jika dipadukan dengan kebiasaan sehari-hari yang baik, dapat meringankan beban badan bungkuk. Banyak peneliti menemukan bahwa olahraga yang tepat dapat memperkuat otot bagian luar tulang belakang. Sebuah penelitian bahkan membuktikan bahwa setelah setahun melakukan olahraga teratur, bungkuk wanita usia 50-59 tahun mulai meningkat dan membaik dengan hasil yang terlihat. Jadi, rutinlah melakukan latihan-latihan di bawah ini bisa memperbaiki kondisi bungkuk Anda.

  1. Pose Cermin

Cara melakukan pose cermin ini sangat sederhana. Cukup ambil pose yang berbeda dari posisi tubuh bungkuk Anda saat ini. Anda bisa melakukan pose ini sambil berdiri membelakangi dinding, tarik bagian pipi dan dekatkan ke bahu Anda. Arahkan bahumu ke belakang dan tarik ke bawah (tahan posisi selama 30 detik hingga 1 menit). Hentikan segera jika mulai terasa sakit.

Baca juga: https://inspira.tv/tahapan-olahraga-yang-cocok-bagi-penderita-asam-urat/

  1. Tarik Kepala

Anda bisa melakukan latihan ini sambil berbaring di lantai. Gerakan ini sangat berpengaruh pada leher Anda yang sering “tertarik” dan pegal. Cara mengaplikasikannya sangat mudah. Tarik bagian kepala ke belakang seperti sedang melakukan gerakan “Double chin“. Tahan posisi ini selama 15 detik ulangi 5-10 kali.

  1. Pose Superman

Berbaring telungkup, lengan terentang di depan kepala. Jaga kepala Anda dalam posisi netral sambil melihat ke bawah ke tanah. Angkat lengan dan tarik kaki ke atas, rasakan sensasi kaki dan tangan Anda terangkat dari tanah. Tahan posisi ini hingga 3 detik dan ulangi sebanyak 10 kali

  1. Ekstensi Tubuh

Tujuan utama dari peregangan tubuh ini adalah untuk mengendurkan otot kaki yang tegang dan memperkuat otot punggung yang lemah. Berdiri tegak, rilekskan lutut, dorong dada keluar, dan usahakan agar bahu tetap dalam posisi nyaman

Saat Anda merasa berada di posisi yang tepat, angkat tangan dan bentuk huruf Y dengan ibu jari menghadap ke belakang. Tarik napas dalam-dalam dua hingga tiga kali. Fokus pada mempertahankan posisi pernafasan.

  1. Toraks Tulang Belakang

Untuk gerakan ini, Anda membutuhkan alas busa. Berbaring di lantai dengan punggung menghadap matras. Perlahan putar tubuh Anda ke depan dan ke belakang. Gerakan ini secara langsung dan efektif memijat area otot punggung dan tulang ekor. Anda dapat melakukan gerakan ini dengan mengangkat tangan ke atas kepala. Lakukan ini selama 30 detik hingga 1 menit.

Baca juga: https://inspira.tv/jantung-sehat-dengan-olahraga-aman/

  1. Gerakan Kaki Bebek

Keluhan tubuh bungkuk dapat dengan mudah diatasi dengan melakukan presser pijakan. Gerakan ini cocok untuk Anda yang ingin memperbaiki posisi refleks pinggang dan otot yang mulai melemah. Tak hanya efektif, gerakan ini bisa Anda lakukan dengan mudah di mana saja.

Posisikan tubuh Anda dalam gerakan push-up. Gerakkan lutut ke depan sambil memutar tubuh ke depan. Lakukan gerakan ini tanpa membahayakan punggung Anda. Kembali ke posisi awal, lakukan 2-3 set sebanyak 6-12 kali sehari.

 

 

 

 

-Prise

Sumber: Okadoc

Freepik

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *