Dampak begadang bagi kesehatan tubuh yang jarang diketahui

Sering Begadang? Inilah Dampak Negatif Begadang yang Wajib Anda Ketahui

HEALTH, INSPIRA – Banyaknya pekerjaan, terkadang mengharuskan kita untuk begadang. Padahal, nyatanya begadang merupakan kebiasaan yang kurang baik bagi kesehatan tubuh kita. Pasalnya, tubuh kita membutuhkan waktu untuk beristirahat  sehingga dapat memulihkan energi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Berikut dampak negative begadang yang akan mengganggu kesehatan tubuh Anda:

Menyebabkan tekanan darah tinggi

Tidur akan meningkatkan kinerja pembuluh darah sehingga dapat mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Dengan begadang, kinerja pembuluh darah akan terhambat sehingga jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa darah untuk disalurkan ke seluruh tubuh.

Hal tersebut menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi dan memicu hadirnya penyakit lain seperti stroke dan serangan jantung.

Mengganggu kesehatan mental

Waktu tidur yang cukup dapat  membantu tubuh dalam memproduksi hormon dengan baik. Namun dengan begadang , tubuh kita akan cenderung memproduksi hormon  kortisol yang dapat mengganggu suasana hati dan menyebabkan stres.

Baca Juga:https://inspira.tv/tahapan-olahraga-yang-cocok-bagi-penderita-asam-urat/

Mengganggu interaksi Sosial

Perubahan suasana hati seseorang akibat seringnya begadang lambat laun akan mengganggu pola interaksi sosial dengan orang lain. Selain itu, begadang juga dapat menurunkan tingkat konsentrasi seseorang dan mengganggu pola komunikasi dengan orang di sekitarnya.

Memperbesar risiko terkena diabetes tipe 2

Orang yang sering begadang akan lebih berisiko terkena diabetes tipe 2 dibandingkan dengan orang yang tidak bergadang. Dengan begadang, maka kinerja insulin dalam tubuh akan terganggu dan merusak toleransi glukosa. Orang yang sering begadang akan mempunyai tingkatan insulin yang rendah serta gula darah yang tinggi sehingga mudah terkena penyakit diabetes tipe 2.

Menaikkan berat badan

Mereka yang sering begadang akan cenderung cepat merasa lapar sehingga terdorong untuk mengkonsumsi makanan berat pada malam hari. Kebiasaan tersebut nyata tidak baik untuk kesehatan tubuh. Pasalnya, proses metabolisme yang biasanya dilakukan oleh tubuh saat tidur justru dialihkan untuk mengolah makanan.

Akibatya, tubuh akan mengalami kesulitan untuk membakar lemak sehingga menyebabkan berat badan bertambah.

Itulah masalah kesehatan yang akan muncul apabila kita sering begadang. Oleh karena itu maka perbaikilah pola tidur Anda dengan membiasakan tidur di malam hari  dengan waktu yang cukup.

Baca juga: https://inspira.tv/olahraga-penghilang-postur-badan-bungkuk/

-PNA

Sumber :Kompas.com

Freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *