tahapan olahraga yang cocok bagi pengidap asam urat

Yuk Simak! Tahapan Olahraga yang Cocok bagi Penderita Asam Urat

HEALTH, INSPIRA –  Asam urat merupakan penyakit yang disebabkan karena peningkatan kadar asam urat  dalam darah yang sudah melebihi batas wajarnya.

Penyakit ini mampu membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Jika tidak diobati, serangan penyakit asam urat dapat menghambat aktivitas setiap harinya.

Asam urat perlu segera disembuhkan. Salah satu  alternatif yang  bisa dilakukan untuk mengobati asam urat adalah dengan berolahraga. Pertama lakukan pemanasan, kedua tambahkan beban olahraga sedikit demi sedikit, dan ketiga dapat dilakukan dengan pemenuhan kebutuhan cairan tubuh.

Selain bermanfaat dalam mengatasi asam urat, olahraga juga bermanfaat untuk melancarkakn suplai nutrisi terhadap jaringan sendi, memperkuat  otot sendi, meminimalisir kemungkinan trauma yang ditimbulkan akibat luka serta bermanfaat untuk membuang sisa metabolisme dalam tubuh.

Baca juga:3 REKOMENDASI OLAHRAGA YANG AMAN DILAKUKAN ANAK-ANAK

Berikut beberapa  tahapan olahraga yang dapat dilakukan untuk mengobati penyakit asam urat:

Pemanasan

Pemanasan merupakan tahapan yang penting dilakukan untuk menyediakan Adenosin Trfosfat (ATP) bagi tubuh.  Dengan pemanasan, maka tubuh akan terhindar dari cedera. Sejumlah gerakan pemanasan  pada dasarnya dapat membantu tubuh dalam memompa darah secara merata dan teratur. Dengan demikian, zat-zat berbahaya termasuk asam urat diharapkan dapat keluar melalui keringat.

Pemanasan yang baik biasanya berlangsung sekitar 20-30 menit.  Manfaat pemanasan juga dapat memperluas ruang gerak sendi sehingga mencegah resiko cedera yang terjadi serta dapat membantu menaikkan tekanan darah seitar 5-10 mmHG dan denyut nadi menjadi 90-110 per menitnya.

Namun, apabila ketukan nadi berkisar antara 110-120 per menit maka Anda dianjurkan untuk beristirahat sekitar 1-2 menit. Kemudian, apabila denyut nadi menurun, maka Anda dapat melanjutkan olahraga ke bagian inti.

Jika denyut nadi tidak kunjung menurun,  maka sebaiknya Anda kembali menyederhanakan pola pemanasan dan  kapasitas olahraga inti.  Sedangkan, jika denyut nadi melebihi batasan normal yakni lebih dari 120 ketukan per menit, Anda dianjurkan untuk beristirahat dan segera berkonsultasi ke dokter.

Baca juga:https://inspira.tv/olahraga-renang-yang-jarang-diketahui-bisa-menurunkan-berat-badan/

Latihan Inti

Ketika Anda hendak melakukan olahraga inti, maka tingkatkan beban secara bertahap. Hal tersebut dimaksudkan agar tubuh dapat beradaptasi dengan program latihan yang sedang dijalani. Namun, jika tidak dapat beradaptasi maka tubuh Anda akan mengalami keletihan dan resiko cedera akan semakin besar. Pasalnya keletihan yang berlebihan dapat berakibat pada ketidaksempurnaan pengolahan ATP  sehingga menyebabkan resiko penyakit asam urat.

Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Sebelum melakukan pemanasan, minumlah  air putih sebanyak 3-4 gelas.  Pasalnya , air putih berguna sebagai cadangan cairan dalam tubuh. Kemudian, diantara olahraga inti Anda dianjurkan untuk meminum air sebanyak 1-2 gelas guna mengganti sejumlah cairan yang hilang saat berolahraga.

– PNA

Sumber: Gridhype.id

Sumber Foto: Alodokter.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *