olahraga aman untuk jantung sehat

Wujudkan Jantung Sehat Dengan 3 Olahraga Berikut Ini!

SPORT INSPIRA-Apa yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penyakit jantung? Jika Anda bertanya kepada dokter atau spesialis jantung, mereka tidak akan lelah atau bosan menyarankan diet sehat disertai olahraga teratur. Pada dasarnya ini adalah cara terbaik, dan manfaatnya tidak hanya mencegah penyakit jantung, tetapi mungkin juga mencegah beberapa faktor risiko.

The American Heart Association menyarankan agar orang dewasa melakukan setidaknya 150 latihan per minggu dan menghindari duduk terlalu lama. Jenis olahraga apa pun yang Anda lakukan secara teratur adalah cara terbaik untuk mencegah penyakit jantung.

Ada setidaknya tiga jenis olahraga aman untuk penderita jantung, yaitu:

Penyakit Arteri Karotis: Gejala, Penyebab, dan Penanganannya

1. Ketahanan

Olahraga ini untuk melatih otor besar secara terus menerus. Otot ini misalnya yang berada pada kaki. Dengan melatih ketahanan, pasien bisa meningkatkan pernapasan dan detak jantung yang kemudian dapat memperbaiki kondisi jantung, sistem peredaran darah dan paru-paru. Olahraga ini dilakukan dengan menggerakkan otot-otot besar secara berkelanjutan. Contoh jenis olahraga ini adalah kardio, seperti:

  1. Aerobik

  2. Lompat tali

  3. Joging

  4. Naik-turun tangga

  5. Berenang

  6. Squat jump

  7. Bersepeda

Baca juga: https://inspira.tv/bahaya-sikap-malas-dapat-menyebabkan-penyakit/

2. Kekuatan

Gerakan otot berulang merupakan olahraga yang aman untuk penderita penyakit jantung karena untuk meningkatkan kekuatan otot. Maka dari itu dengan olahraga ini, penderita penyakit jantung bisa sekaligus mengurangi berat badan karena banyak kalori terbakar untuk penguatan otot. Contohnya:

  1. Angkat beban

  2. Push up

  3. Pull up

  4. Senam dengan resistance band

3. Fleksibilitas

Dengan olahraga ini untuk membantu otot lebih rileks mengendurkan persendian serta melenturkan tubuh. Sehingga system pernapasan dapat meningkat dan stress berkurang. berikut yang termasuk olahraga fleksibilitas.

  1. Yoga

  2. Meditasi

  3. Olahraga pernapasan

  4. Tai chi

-Pr

Sumber:

Healthline

Feepik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *