3 Kuliner Jogja yang Wajib Kamu Datangi!

KULINER INSPIRA – Siapa yang tidak kenal dengan kota yang dijuluki kota pelajar ini? Yup, Yogyakarta. Belum lengkap rasanya jika berkunjung ke Jogja jika belum menjelajahi kuliner – kuliner yang ada disana. Kuliner di Jogja terkenal dengan cita rasa khas masakan Jogja.

Jogja memiliki deretan kuliner yang mampu menggoyangkan lidah, soal harga tidak usah diragukan. Kita bisa memilih makanan mulai dari harga yang murah hingga mahal. Nah, daripada kamu bingung memilih kuliner apa yang wajib kamu kunjungi simak 3 kuliner di Jogja yang gak boleh kamu lewati.

  1. Sate Ratu

Sate Ratu yang terletak di Jl. Sidomukti, Tiyosan, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta ini menyediakan banyak menu sate. Sate Ratu ini sudah terkenal di kalangan turis – turis asing, sudah 85 negara yang berkunjung ke Sate Ratu. Sejak 2016 berdiri rasa yang disajikan Sate Ratu selalu menjanjikan dan tetap sama.

Menu favorit disini adalah sate merah yang sungguh menggungah. Rasa gurih dan pedasnya sempurna yang membuat lidah menggeliat. Menu andalan lainnya ada sate lilit, ceker tugel, bahkan teh tarik tradisional.

Baca Juga : https://inspira.tv/pahami-7-adab-bertamu-menurut-pandangan-agama-islam/

  1. Oseng Mercon Bu Narti

Buat kamu pecinta pedas, Oseng Mercon Bu Narti merupakan pilihan yang sangat tepat. Lokasinya yang terletak di dekat alun – alun membuat oseng mercon ini menjadi buruan baik warga lokal ataupun wisatawan. Oseng mercon ini berisi kikil dan sambal yang super pedas, bisa membuat orang yang menyantapnya geleng – geleng kepala.

Oseng mercon ini sudah berdiri sejak 1998, tak salah jika hingga saat ini bahkan banyak cabangnya di kota lain. Satu porsi oseng mercon ini dibandrol dengan harga Rp. 25.000, selain itu juga Bu Narti menyediakan hidangan lainnya seperti lele, ayam goreng, burung, dan lainnya yang tentu tetap membuat lidah bergoyang.

  1. Gudeg Yu Djum Wijilan 167

Jalan – jalan ke Jogja belum afdol jika tidak mencicipi makanan khas Jogja yaitu gudeg. Salah satu gudeg yang wajib didatangi adalah Gudeg Yu Djum Wijilan di Jalan Wijilan. Saat ini sudah sekitar 17 warung berderet memenuhi sisi Jalan Wijilan.

Gudeng Yu Djum ini menyajikan gudeg kering yang memiliki rasa manis tentunya yang menjadi ciri khas masakan Jogja. Kreceknya dimasak menjadi sambal goreng kering berwarna kekuningan. Gudung disini buka jam 05.30 pagi hingga jam 8 malam. Wah cocok banget ya buat sarapan di Jogja.

Jika membahas kuliner di Jogja memang tidak aka nada habisnya, cita rasa yang menggugah selera serta harga yang terjangkau membuat para wisatawan selalu rindu kepada kuliner disana.

Kalau kamu sudah mencicipi kuliner apa saja di Joga? Nanti Kita Cerita Tentang Kota Jogja ya!

 

~Lidya Dwi A

Sumber : anekawisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *