Gubernur Jabar Antisipasi Kepadatan Lokasi Wisata dan Rest Area

BANDUNG INSPIRA,- Pemprov Jawa Barat mengevaluasi soal padatnya rest area saat arus mudik setelah sebelumnya diberikan batas waktu 30 menit, bagi setiap kendaraan untuk menggunakan rest area.

“Ternyata ada 30 menit itu (pembatasan waktu di Rest area) belum memadai sehingga aparat harus menggiring mereka (pemudik) yang banyak beristirahat di bahu jalan karena itu memacetkan,” kata Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Kang Emil, Senin (2/5/2022).

“Dan hasil evaluasi ini akan menjadi panduan pada saat arus balik nanti,” imbuhnya.

Selain evaluasi tersebut, Kang Emil juga mengungkapkan pihaknya akan melakukan pemantauan dan antisipasi kemacetan, yang diprediksi akan terjadi di sejumlah lokasi wisata seperti Puncak Bogor dan Lembang maupun Ciwidey yang ramai dikunjungi saat momen libur lebaran.

“Kita akan siapkan pasukan seperti kesiagaan pada saat keberangkatan Mudik kemarin, dan tidak hanya di jalur-jalur Tol, tapi jalur-jalur arteri dan sekunder juga kita siapkan anggota-anggota dari Polsek yang bertugas,” ucapnya.

Gubernur Jabar menilai, hal itu dilakukan agar tidak terjadi kepadatan kendaraan di zona wisata yang diprediksi akan berbenturan dengan arus balik pada H+3 dan H+4 Idul Fitri.

Berdasarkan data survey yang dirilis Kementrian Perhubungan (Kemenhub), terkait potensi pergerakan orang selama masa lebaran 2022, sekitar 20,3 persen atau 55 juta orang akan bepergian selama masa tersebut dalam rangka mudik lebaran.

“Sehingga arus balik nanti pemudik bisa melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman,” ujarnya. (MSN)

Leave a Reply

Your email address will not be published.