Era Serba Digital Makin Meningkat Pasca Pandemi, Campaign.com Giring CSR Berbasis Teknologi 

BANDUNG INSPIRA – Pelaksanaan CSR digital merupakan hal yang baru dan tidak sedikit yang masih ‘turun ke lapangan’. Karena itu, Campaign.com sebuah startup sosial pengembang aplikasi Campaign #ForChange hadir sebagai solusi bagi perusahaan yang ingin menjajaki cara baru dalam melakukan CSR. 

Siti Ayuningdyah selaku Sponsorship Manager Campaign.com memaparkan bahwa CSR digital memiliki peran penting bagi industri sosial saat ini.

“Wadah digital mulai banyak diadopsi untuk melakukan CSR. Hal ini membuat dampak baik yang dibawa tidak terpusat di daerah tertentu karena dapat menjangkau lebih banyak pendukung dan penerima manfaat dengan efisien dan cost-effective, serta lebih terukur,” paparnya. 

Hal tersebut disampaikan dalam gelaran ‘Corporate Social Responsibility (CSR) di Indonesia; Creating Impact Through Collective Power’ pada Jumat, 9 September 2022 yang berlangsung secara daring dan dihadiri oleh berbagai perusahaan serta media. 

Acara tersebut dilaksanakan guna memperkenalkan program Sponsorship #ForChange yang memfasilitasi perusahaan untuk menyalurkan dana CSR dengan cara mendukung kampanye sosial di bidang kesetaraan, lingkungan, pendidikan, dan kesehatan bersama Campaign.com.

Selain Campaign.com sebagai penyelenggara acara, hadir Unggul Ananta, CEO Olahkarsa, serta Aditia Grasio Nelwan, Public Affairs Senior Lead Tokopedia. Keduanya memaparkan perspektif masing-masing mengenai peralihan tren dalam pelaksanaan CSR, terutama sejak era pandemi. “Peran teknologi digital dalam mendukung transformasi menuju keberlanjutan tidak bisa dipandang sebelah mata. Pada dasarnya, teknologi digital membantu mencapai dampak berkelanjutan yang lebih besar dan lebih cepat,” tutur Unggul.

Sementara itu, Aditia menuturkan bahwa pemilihan kolaborator dalam menjalankan CSR merupakan satu hal yang sangat penting. “Tokopedia memfokuskan inisiatif sosial untuk memberdayakan kelompok-kelompok masyarakat yang membutuhkan. Untuk menjalani ini, kami bermitra dengan organisasi-organisasi sosial, salah satunya Campaign.com. Bagi kami, kemitraan yang strategis merupakan kunci dalam menciptakan dampak sosial yang luas. Saat ini program sosial Tokopedia telah menjangkau 33 provinsi di seluruh Indonesia,” jelas Aditia.

Pada acara tersebut hadir pula Nanda September mewakili Happy Hearts Indonesia (HHI), menyuguhkan perspektif organisasi nirlaba yang kerap menjadi mitra bagi perusahaan untuk melakukan program CSR. Dalam pemaparannya, Nanda membahas sedikit kilas balik perjalanan kolaborasi HHI bersama Campaign.com. Pada Maret-Juli 2022, HHI menjalankan kampanye sosial lewat aplikasi Campaign #ForChange yang disponsori oleh Bank jago.

 “Lewat kampanye #JagoBerbagi, kami berhasil menggaet ratusan pendukung di aplikasi Campaign #ForChange untuk mendukung pembangunan fasilitas pendidikan di Nusa Tenggara Timur agar anak-anak di Indonesia dapat mencapai mimpinya,” ujar Nanda.

Nanda juga menuturkan, kampanye sosial yang dijalankan HHI bersama Campaign.com dan Bank Jago sangat efektif karena bukan saja menyalurkan pendanaan, tapi juga membangun kesadaran dan partisipasi publik tentang isu sosial sekaligus literasi keuangan.

Di penghujung acara, Ayuningdyah mewakili Campaign.com juga menjelaskan secara singkat cara mudah yang dapat dilakukan perusahaan untuk dapat berkolaborasi dalam pelaksanaan CSR lewat Sponsorhip #ForChange. 

“Cukup dengan mengisi typeform di tautan campaign.com/sponsor, kemudian tim Campaign.com akan menghubungi via email untuk memulai diskusi. Kemudian kami akan membantu merumuskan programnya serta menghubungkan dengan organisasi sosial yang paling tepat, hingga nantinya kampanye sosial berjalan dan kami pun akan mendampingi dalam hal promosi hingga produksi laporan dampak sosial yang rinci dan transparan,” tandasnya. (TRIW)

Leave a Reply

Your email address will not be published.