Dukung Pemulihan Ekonomi, Taco Gandeng UMKM Indonesia

BANDUNG INSPIRA – Dalam upaya memberikan dukungan terhadap para pegiat industri kreatif hingga pelaku Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) di Indonesia, sebuah program ‘Mitra Taco’ dilahirkan sebagai salah satu langkah pemulihan ekonomi.

Terlebih setelah sekian tahun berkiprah di Indonesia, Taco senantiasa memastikan
bahwa bisnisnya tidak hanya berfokus sebagai penyedia solusi interior terbaik dari produk laminasi, hardware dan lantai vinyl mewah di seluruh Indonesia, namun juga turut memberikan dampak positif untuk para pegiat industri kreatif.

“Program ini juga merupakan kelanjutan dari inisiatif ‘Karya Kita’ di tahun 2019 dan 2021, sebagai sebuah kegiatan hasil kolaborasi dengan para desainer serta seniman ternama
di Indonesia,” papar Danny Kwakar selaku Assistant Manager Community Development Taco.

Diakuinya, para pelaku UMKM menjadi salah satu sektor yang sangat terdampak selama masa pandemi. Oleh sebab itu, lanjutnya, Taco menghadirkan program CSR ‘Mitra Taco’ yang didirikan sejak tahun 2021 untuk mewadahi para pelaku pelaku usaha di bidang furniture
dan jasa interior.

“Tujuannya, guna meningkatkan kualitasnya melalui pelatihan online yang dapat mengasah
keterampilan dalam pengaplikasian produk hingga pengetahuan pengembangan bisnis dalam pemasaran digital yang didampingi oleh para profesional yang ahli di bidangnya agar semakin berkembang dan memiliki daya saing,” ungkap Danny.

Lebih jauh ia juga menjelaskan, yang pasti program CSR Mitra Taco merupakan wujud dari kepedulian dan tanggung jawab kami untuk turut membantu kebangkitan para pelaku usaha di bidang furniture dan jasa interior yang juga menjadi mitra kerja sama Taco selama ini.

“Taco senantiasa terus berinovasi baik melalui produk maupun kolaborasi. Program Mitra Taco hadir menjadi sebuah komunitas pertama yang diluncurkan oleh perusahaan penyedia solusi interior di Indonesia,” bebernya.

Ia menyebutkan, terdapat beberapa keuntungan dalam mengikuti program Mitra Taco, antara lain dapat menambah pengetahuan dalam berbisnis, melalui pelatihan pengaplikasian produk hingga
pemasaran digital di bidang furniture dan interior.

“Program CSR Mitra Taco yang dicetuskan pada masa pandemi lalu, dalam kurun waktu 1 tahun kini telah berhasil memberdayakan sebanyak lebih dari 3000 pelaku usaha di bidang furniture dan jasa interior di 47 kota seluruh Indonesia, termasuk diantaranya di Jawa Barat,” ungkapnya.

Atas upayanya tersebut, tambahnya, Taco
berhasil meraih penghargaan CSR Awards pada kategori UMKM dari TOP CSR Awards 2022.

Pada kesempatan yang sama, Atep Nurdin, adalah salah satu peserta program Mitra Taco yang memiliki usaha jasa interior dan
pembuatan custom furniture di daerah Baleendah, Bandung, Jawa Barat. Ia turut menyampaikan apresiasinya atas dihadirkannya program Mitra Taco,

“Keputusan saya untuk bergabung dengan Mitra Taco tidak disangka sangat membawa dampak yang luar biasa untuk kembali bangkitnya usaha saya yang semula sempat jatuh di awal masa pandemi,” ujarnya.

Untuk itu, melalui pelatihan Mitra Taco salah satunya materi teknis desain materi promosi hingga pemasaran digital di Market Place membuat bisnis saya kini kian berkembang dan meningkat dari sisi penjualan produk yang mencapai keuntungan hingga 100%.

“Hal Ini, tentunya berdampak pada perkembangan bisnis saya saat ini,” tandas Atep Nurdin. (TRI)

Leave a Reply

Your email address will not be published.