Bolehkah Makan Es Krim Ketika Flu atau Batuk?

LIFESTYLE INSPIRA,- Ketika kita terserang flu biasanya kita akan menghindari minuman dingin seperti es krim.

Bahkan, banyak orang yang menganggap es krim atau minuman dingin lainnya bisa menebabkan flu. Padahalflu merupakaninfeksi bakteri/virus ketika sistem imun tubuh sedang menurun tanpa ada hubungannya dengan es krim atau minuman dingin.

Mitosnya dipercaya bahwa makan es krim ketika flu akan memperparah flu karena membuat dahak semakin banyak.

James Steckelberg konsultan di divisi penyakit menular dan profesor kedokteran di Mayo Medical School Rochester, Minnesota merekomendasikan penderita batuk pilek untuk minum atau makan berbagai macam produk susu seperti es krim dan puding. Karena dapat menenangkan sakit pada tenggorokan dan memberika kalori yang dibutuhkan oleh tubuh saat anak tidak mau makan.

Di Amerika, makanan atau produk yang bsia dikategorikan sebagai es krim mengandung paling sedikit 10 persen lemak susu. Bahkan jika ditambah dengan bahan lain seperti buah, kacang, coklat, dan vanila akan meningkatkan manfaat es krim sebagai penyembuh flu. Kandung lemak yang terkandung pun menyediakan nutrisi makro yang seimbang dan memenuhi kebutuhan gizi yang seimbang sesuai saran.

Es krim dan es loli yang mengandug vitamin c juga bisa menghindarkan anak dari dehidrasi. Dehidrasi merupakan kunci utama untuk melawan virus flu. namun, pastikan bahan yang terkandungnya sehatdan utaamakan yang rendah gula.

Ketika merasakan gejala flu seprti radang tenggorokan, minuman dingin seperti es krim membantu meredakan nyeri saat menelan.

Namun perlu diingat juga, bahwa es krim bukanlah obat. Jadi, untuk menyembuhkan flu harus disertai istirahat serta pola makan dengan gizi seimbang yang cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published.