Wisatawan Meningkat, Disbudpar Klaim Jadi Fitting Point Bangkitnya Ekonomi

BANDUNG INSPIRA,- Dinas Budaya Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung mengklaim kunjungan wisatawan ke Kota Bandung selama libur lebaran 2022 merangkak naik dibandingkan tahun sebelumnya. Hal itu dilihat dari okupansi hotel di Kota Bandung yang mengalami kenaikan hingga 77.75 persen.

Demikian diungkapkan Kepala Disbudpar Kota Bandung, Dewi Kaniasari saat ditemui di Balai Kota Bandung, Selasa (10/5/2022).
“Okupansi hotel sampai bulan Mei ini mencapai 77,75 persen dari keseluruhan hotel baik bintang maupun non bintang,” papar wanita yang akrab disapa Kenny ini.

Diperkuat dengan tingginya pengunjung destinasi wisata di Kota Bandung, terutama lokasi wisata yang sudah menjadi legenda yaitu Kebun Binatang, Karang Setra dan Taman Lalu Lintas.

“Tempat wisata favorit yaitu Kebun Binatang Bandung, Karang Setra. Kawasan Asia Afrika juga penuh, itu juga menjadi Favorit terutama wisata kulinernya juga, mal juga penuh,” ungkapnya.

Diakuinya, selama libur lebaran 2022 ini menjadi fitting point ke arah kebangkitan ekonomi Kota Bandung. Terlebih, lanjutnya, untuk sektor pariwisata.

“Kondisi tersebut memotivasi teman-teman dari industri pariwisata Kota Bandung, mereka jadi semangat lagi,” ujarnya.

Sementara Sekretaris Disbudpar Kota Bandung, Nuzrul Irwan Irawan menyampaikan Kota Bandung memiliki 6 destinasi wisata yaitu Kebun Binatang Bandung, Kolam Renang Karang Setra, Taman Lalu Lintas, Kiara Artapark, Trans Studio Bandung (TSB), dan Saung Aklung Udjo. Selama liburan lebaran total pengunjung wisata di 6 lokasi tersebut capai angka ratusan ribu pengunjung.

“Hampir 6 lokasi tersebut padat dikunjungin wisatawan pada libur lebaran, bahkan untuk Kebun Binatang,” tuturnya.

Ia mengatakan pihaknya begitu menyambut baik dengan adanya peningkatan wisatawan pasca 2 tahun sempat ditutup karena pandemi,” ujarnya.

Membeludagnya para pengunjung lokasi wisata, menurut Irwan diluar ekspektasi. Untuk itu, pihaknya melakukan pengetatan pengawasan di 6 lokasi tersebut selama libur lebaran.

“Pengawasan ketat pastinya, terutama untuk mengakses PeduliLindungi. Kami berharap semua lokasi wisata dapat menerapkan prokes sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan,” ujarnya.

Sebagai informasi Kebun Binatang yang menjadi destinasi wisata favorit di Kota Bandung dikunjungi oleh sekitar 35 ribu pengunjung lebih dari hari lebaran sampai dengan libur lebaran keenam.

Sedangkan untuk Taman Lalu Lintas yang sudah mulai dibuka pada 1 Mei pasca 2 tahun ditutup, berhasil mengantongi 25 ribu diwaktu yang sama.

Sementara tak kalah padatnya yaitu Alun-alun Kota Bandung dan kawasan Asia Afrika. Nyaris ribuan warga Bandung dan diluar Kota Bandung datang rekreasi dilokasi tersebut.

Sayangnya, membeludagnya kawasan tersebut berdampak pada penutupan Raman Alun-Alun Kota Bandung. Pasalnya, prilaku warga yang tidak menjaga kebersihan serta prokes menjadi Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung putuskan penutupan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.