Wali Kota Bandung Bolehkan Bungkus Daging Kurban dengan Kantong Plastik

BANDUNG INSPIRA – Wali Kota Bandung, Yana Mulyana  memperbolehkan warga menggunakan kantong plastik untuk membungkus daging kurban saat Hari Raya Iduladha yang jatuh pada Minggu, 10 Juli 2022 mendatang. Menurutnya, kantong plastik dapat meminimalisir darah pada daging kurban agar tidak berceceran.

Ia juga menilai jika daging kurban menggunakan besek dari bambu atau daun dikhawatirkan darah akan berceceran. Dampaknya, virus yang ada pada darah daging kurban akan menyebar baik ke hewan atau pun ke manusia.

“Kan gini resiko kalau besek, bambu itu menyerap bau dan nempel darahnya. Khawatirnya kalau tidak dibungkus dengan plastik yg ketat, ceceran darahnya kemana aja itu enggak, tahu. Kalau darah ada virusnya, ceceran darah itu diinjak sama hewan, sama orang itu jadi penularan,” papar Yana. 

Karena itu, untuk saat ini penggunaan kantong plastik sebagai pembungkus daging kurban diperbolehkan bagi panitia yamg membagikan ke warga. Meski pun keputusan tersebut, lanjutnya,  bertolak belakang dengan upaya Pemkot Bandung yang tengah gencar mengurangi penggunaan kantong plastik.

“Meskipun saat ini kita sedang mengurangi plastik, tapi untuk saat ini sebaiknya tidak besek tidak daun,” ujarnya.  

Diakuinya Yana, langkah itu dilakukan demi kesehatan warga agar terhindar dari penyebaran virus. Namun Yana tak membeberkan virus yang kemungkinan menyebar melalui cecerah darah tersebut, termasuk penyakit kuku dan mulut (PMK) pada hewan ternak yang dikurbankan.

“Jadi disaat ini disarankan pakai plastik dulu lah, untuk kesehatan yah,” tandas Yana. (TRI)

Leave a Reply

Your email address will not be published.