Usai Tragedi Kanjuruhan, Presiden Jokowi Datang ke Malang Hingga Bahas Soal Sanksi

Pada hari ini Rabu (5/10), Presiden Joko Widodo akan datang ke Kabupaten Malang, Jawa Timur untuk mengunjungi pada korban tragedi kanjuruhan yang berada di RSUD Malang dan juga mengunjungi tempat tragedi itu terjadi yakni ke Stadion Kanjuruhan.

“Betul, akan ke Malang setelah acara HUT TNI di Istana. Ke RSUD Malang dan Stadion,” ujar Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada wartawan (Rabu, 5/10).

Menkopolhukam Mahfud MD pun mengatakan sebelumnya, bahwa Presiden Jokowi akan memberikan sendiri dana bantuan dari pemerintah tersebut kepada para korban tragedi kanjuruhan. Dan diketahui pula bahwa nantinya setiap keluarga akan mendapat santunan sebesar 50 juta rupiah. Terhitung hingga saat ini korban tragedi kanjuruhan terus bertambah menjadi 131 jiwa meninggal dunia yang terbagi dari berbagai rumah sakit di Malang. 

Jokowi sendiri berkata kepada wartawan bahwa ia sudah berbincang bersama Presiden Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) yakni Gianni Infantino melalui sambungan telepon terkait peristiwa kanjuruhan tersebut. Tak luput pula berbincang mengenai sanksi yang sekiranya akan dunia persepakbolaan Indonesia terima, dan Jokowi pun menyerahkan seluruh keputusan kepada pihak FIFA.

“Berbicara banyak mengenai tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, dan juga berbicara mengenai FIFA U-20. Berbicara banyak, tetapi keputusan apapun adalah kewenangan di FIFA ya.” ujar Jokowi usai upacara HUT TNI hari ini (5/10).

(Penulis,

Syfa Putri Amalia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *