Untuk Pertama Kalinya, Ratusan Mantan Kepala Desa Siap Gelar Munas di Kota Bandung

BANDUNG INSPIRA – Ratusan mantan Kepala Desa dari 31 Provinsi di Indonesia berencana akan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) pertama dan terbesar di Kota Bandung.

Demikian diungkapkan Ketua Panitia Pelaksana, Dadang Holiludin, Senin (18/7/2022). Menurutnya dalam Munas yang diagendakan akan berlangsung pada bulan Agustus tersebut rencananya juga akan dihadiri oleh Gubernur Jawa barat, Ridwan Kamil.

Terlebih, diakui Dadang, Ridwan Kamil sangat mendukung penuh Komunitas Purna Bakti Kepala Desa Seluruh Indonesia atau disingkat Kompak Desi.
Ditambah, menurutnya Ridwan Kamil telah banyak melakukan perubahan terhadap perkembangan desa khususnya di Jawa Barat.

“Sekarang ini pak Ridwan Kamil sudah membuat perubahan sejak jadi Gubernur jabar ini itu adalah program-program yang mendesa dimulai dengan menggunakan IT dan segala macam,” ungkap Dadang saat ditemui di Hotel Grand Preanger, Senin (18/7/2022)

Maka dengan adanya Munas tersebut, kedepannnya program-program itu akan diterapkan di skala nasional. Tujuannya, salah satunya dapat meningkatkan kualitas SDM dilevel pedesaan yang akan berdampak terhadap kemajuan dan perkembangan desa.

“Ini akan sangat baik dalam rangka meningkatkan kekuatan desa. Bahkan kita juga ingin melihat program-progam seperti yang diusung Ridwan Kamil. Selanjutnya ditularkan secara nasional karena ini sesuatu hal yang sangat positif dan kongkrit. Jadi di Jabar harus menular di sekala nasional,” paparnya

Ia juga menilai, selain kiprah yang sangat positif dari Ridwan Kamil, pembangunan desa yang akan dilakukan Kompak Desi harus dipertajam oleh lembaga pendidikan dan lain sebagainya.

“Bahkan hingga ke peningkatan ekonomi di pedesaan. Karena sejauh ini masih banyak yang harus dibenahi terutama untuk kualiata SDM. Dengan begitu kesejahteraan masyarakat pun akan meningkat,” tandasnya. (TRI)

Leave a Reply

Your email address will not be published.