Siapa Sangka Sosok SB Ini, Hantarkan Dede Yusuf Raih Suara Terbanyak

KABUPATEN BANDUNG INSPIRA – Nama Saeful Bachri muncul menjadi calon ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Bandung, bahkan dia maju didukung 15 Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC).

Gerakannya yang aktif didunia pendidikan, terutama pramuka ternyata menggiring pria yang akrab disapa SB ini. Kemudian, kiprahnya pun terus berlanjut hingga jadi Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Bandung, pada 2010 barulah berkenalan dengan dunia politik.

Terutama, sosoknya mulai dikenal banyak orang ketika diminta Dede Yusuf jadi sekretaris Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Barat. Saat itu Dede menjabat wakil gubernur dan terpilih sebagai ketua Kwarda.

Terjun ke dunia politik praktis pada Pemilu 2014. SB oleh Dede diminta jadi ketua Imah Rancage dengan tugas pokoknya membangun jaringan relawan di Kabupaten Bandung dan Bandung Barat. Misinya meraih suara sebanyak mungkin agar Dede Yusuf terpilih jadi anggota DPR RI dari Partai Demokrat.

“Kalau tanpa tangan dingin Kang Saeful Bachri menata organisasi relawan, saya tidak mungkin meraih suara terbanyak,” ujar Dede Yusuf dalam sebuah acara halal bihalal di Rumah Aspirasi Imah Rancage beberapa waktu lalu.

Terlebih, jaringan relawan sangat diperlukan Dede Yusuf mengingat Partai Demokrat lagi mengalami prahara. Pasalnya, jika hanya mengandalkan struktur formal, dirasa berat mengingat penerimaan masyarakat akan citra Partai Demokrat lagi rendah-rendahnya.

Strategi tersebut ternyata berhasil dan Dede Yusuf sukses merebut kursi DPR RI dengan raihan suara terbanyak dari dapil Jabar II. Bukan itu saja. Yang terbesar suaranya juga untuk seluruh caleg DPR RI dari Jawa Barat. Untuk seluruh caleg lintas partai.

Dede juga menjadi orang kedua setelah Edhie Baskoro Yudhoyono di Partai Demokrat se-Indonesia. Yang berjaya di Pemilu 2014 dalam ranking raihan suara. Sukses itu diulang pada Pemilu 2019.

Tidak heran, jika Dede Yusuf menyebut SB adalah orang di balik kesuksesan dirinya dua kali Pemilu. “Yang menggembirakan, jaringan relawan Rancaga kini seluruhnya sudah jadi kader Partai Demokrat. Rancage ya Demokrat,” kilahnya.

SB saat ini tercatat sebagai Tenaga Ahli Komisi X DPR RI. Kemudian deputi kepala Bakomstrada DPD Partai Demokrat Jawa Barat. Kiprah kepramukaan juga masih berjalan dengan posisi wakil ketua Kwarcab bidang organisasi dan hukum. Lainnya sebagai pengusaha di bidang pertanian dan peternakan serta percetakan.

Tak ketinggalan, dibidang olahraga juga bukan kaleng-kaleng. Dia hobi dan memiliki klub basket. Bahkan kini jadi ketua Perbasi Kabupaten Bandung.

Sementara bidang akademik S-1 ditempuh di STHB (Sekolah Tinggi Hukum Bandung) saat meraih gelar Sarjana Hukum. Sementara S-2 diperoleh dari Pasca Sarjana Unpad dengan gelar Magister Administrasi Publik (MAP).

Rekam jejak tadi jadi modal bagi SB mencalonkan jadi ketua DPC (Dewan Pimpinan Cabang) Partai Demokrat Kabupaten Bandung periode 2022-2027.

Ada 15 DPAC memberikan dukungan tertulis untuk maju dalam Muscab serentak gelombang II pada 16-17 Juni 2022. Pendaftaran dukungan calon telah dilakukan Jumat, 10 Juni 2022 di Kantor DPD Partai Demokrat Jawa Barat.

Dukungan DPAC untuk Saeful Bachri diperoleh dari Rancaekek, Cimenyan, Cicalengka, Cikancung, Solokan Jeruk, Ibun, Paseh, dan Ciparay. Kemudian dari Kertasari, Bojongsoang, Cimaung, Arjasari, Pangalengan, Margaasih, dan Katapang,

Calon kedua yang mendaftar adalah Endang. Incumbent ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Bandung itu maju dengan didukung 11 DPAC plus 1 suara DPC. (HDY)

Leave a Reply

Your email address will not be published.