Siap Dilantik Besok, Yana: Masih Pakai Atribut Lama, Tak Ada Persiapan Khusus

BANDUNG INSPIRA – Alhamdulillah! Itulah kata yang diucapkan Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana saat akan dilantik menjadi Wali Kota Definitif, Senin (18/4/2022).

“Alhamdulillah,’ ujar Yana dalam pesan singkat WhatsApp, Minggu (17/4/2022) saat ditanya bagaimana perasaan, support keluarga terutama sang istri tercinta atas pelantikannya yang akan digelar di Gedung Sate pukul 08.00 WIB oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Lebih jauh ia juga mengaku, tak ada persiapan khusus yang dilakukan. Bahkan, pakaian serta atribut yang digunakan bukan pakaian dan atribut baru.

“Gak ada, bajunya juga baju PDUB (Pakaian Dinas Upacara Besar, red) lama, atributnya juga,” beber Yana.

Ketika disinggung, apa yang akan menjadi prioritas pasca pelantikan sebagai Wali Kota Definitif untuk Kota Bandung, Yana pun membidik permasalahan ekonomi menjadi hal yang utama.

“Insya Allah percepatan pemulihan ekonomi,” tuturnya.

Seperti kita tahu, Menteri Dalam Negeri telah mengesahkan Yana Mulyana sebagai Wali Kota Bandung. Sebelumnya, Yana
menanggapi hal tersebut dan memastikan akan melanjutkan tren positif yang telah ditorehkannya bersama (almarhum) Oded M. Danial.

Ia juga memastikan Pemkot Bandung di bawah kepemimpinannya akan mengejar pembangunan infrastruktur dan juga pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19.

“Bismillah. Saya taat azas (terkait pelantikan) dan ikut regulasi saja,” ucap Yana pada Selasa (12/4/2022) lalu.

Pembangunan infrastruktur, ia menyebutkan menjadi salah satu upaya mendorong pertumbuhan ekonomi.

Selain itu, ia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Kota Bandung di angka 5,5 persen pada 2022. Hal ini mengacu pada target pertumbuhan ekonomi Provinsi Jawa Barat yang berkisar di angka 5 persen.

“Menariknya, Kota Bandung itu biasanya di atas Provinsi (angka pertumbuhan ekonominya). Jika target Pak Gubernur 5 persen, maka kami proyeksikan (pertumbuhan ekonomi) di Kota Bandung berkisar di angka 5,5 persen,” ucapnya optimis.

Rencana akan dilantiknya Plt Wali Kota Bandung, Yana Mulyana besok langsung oleh Gubernur Jawa Barat di Gedung Sate pada Senin (18/4/2022) terkuak setelah beredar informasi di aplikasi pesan singkat Whatsapp pada Jumat (15/4/2022). Pesan tersebut menyampaikan bahwa Yana yang kini menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung, akan berakhir pada Senin seiring berlangsungnya pelantikan.

“Pelantikan Wali Kota Bandung definitif hari Senin, 18 April 2022 di Gedung Sate,” tulis pesan di whatsapp yang beredar.

Informasi itu pun dibenarkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna. Menurutnya, pelantikan Yana sebagai Wali Kota Bandung definitif akan berdampak lebih baik bagi jalannya Pemeritahan Kota Bandung.

“Infonya seperti itu. Insyaalloh, secepatnya. Akan lebih baik untuk Kota Bandung,” kata Ema.

Leave a Reply

Your email address will not be published.