Ridwan Kamil Terima Bantuan Gubernur Kalimantan Timur untuk Gempa Cianjur

KOTA BANDUNG INSPIRA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menerima bantuan dari Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor untuk masyarakat terdampak gempa Cianjur di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Sabtu (24/12/2022).

Ridwan Kamil mengucapkan terima kasih kepada Pemdaprov Kalimantan Timur yang sudah memberikan kucuran dana bantuan.

Dalam kesempatan itu, Ridwan Kamil juga merinci kerugian yang menimpa masyarakat terdampak gempa di Cianjur  sebesar Rp 1 triliun lebih.

“Saya laporkan, ya, kerugian di Cianjur itu di atas Rp 1 triliun,  mayoritas rumah-rumah lebih dari 53.000 hancur yang harus dibangun ulang, sarana prasarana luar biasa. Nah setelah selesai tanggap darurat, sekarang fokus pada rekonstruksi rehabilitasi yang butuh dana besar,” kata Ridwan Kamil.

Langkah selanjutnya yang akan dilakukan, ujar Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, pihaknya akan mengukur secepatnya berdasarkan skala prioritas.

Menurutnya, uang tersebut akan segera dibelanjakan untuk membangun kembali masjid yang roboh, irigasi, hingga hal-hal ekonomi yang perlu dipulihkan.

“Kita sedang ukur secepatnya minggu depan dibelanjakan untuk membangun masjid, balai desa, irigasi, jembatan, dan hal-hal ekonomi yang harus segera dipulihkan,” ujarnya.

Isran Noor mengungkapkan, ia memberikan bantuan sebesar Rp6 miliar dengan rincian, yakni Rp 5 miliar dari Provinsi, dan Rp1 miliar dari Kabupaten Paser.

“Sebenarnya yang sudah dijanjikan dan sudah disiapkan, tapi belum siap administrasinya itu adalah Rp15 miliar yang akan diserahkan juga ke Gubernur (Jawa Barat),” ujar Irsan.

Ia berharap, bantuan yang diberikan bisa meringankan beban masyarakat yang terdampak gempa.

“Jadi mudah-mudahan memberikan keringanan  bagi masyarakat yang mengalami gempa, ya,” kata Irsan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *