Pemudik Bisa Gunakan Jalur Alternatif Mudik Lewat Pansela, Hindari Macet di Trans Jawa

BANDUNG INSPIRA,- Memasuki H-4 jelang Idul Fitri 1443 Hijriyah masyarakat mulai melakukan perjalanan mudik menuju kampung halaman. Tak sedikit pengemudi kendaraan pribadi yang mencari jalur alternatif agar samapi pada tujuan.

Kementerian Perhubungan mengembangkan jalur lintas pantai selatan (Pansela) Jawa sebagai salah satu jalur alternatif mudik lewat Pansela.

Dilansir dari Pu.go.id, jalur alternatif mudik via Pansela memiliki rute sepanjang 1.242 km. Jalur alternatif mudik ini dimulai dari Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten melewati Kebumen, Cilacap, Wonosari sampai Pacitan Provinsi Jawa Timur. Ruas rute jalur alternatif mudik lewat pansela terbentang sampai 5 provinsi.

Dimulai dari Provinsi Banten, jalur ini melalui ruas Simpang Labuhan-Batas Provinsi Jawa Barat. Lalu Batas Provinsi Banten-Sindang Barang hingga ke Batas Provinisi Jawa Tengah.

Kemudian jalan Lintas Pansela di Provinsi Jawa Tengah dengan ruas mulai Batas Provinisi Jawa Barat-Congor-Duwet sampai Glonggong.

Setelah itu rute dari Provinsi Yogyakarta dengan ruas jalan Karang Nongko-Legundi sampai Duwet. Terakhir, ruas jalan alternatif mudik lewat Pansela jalur Provinisi Jawa Timur dengan ruas Panggul-Sendan biru- Jarit- Puger sampai ke Glenmore.

Kelebihan Jalur Alternatif Mudik Pansela

Hal ini supaya tercipta arus mudik yang lancer dan tidak terjadi kemacetan yang  panjang. Selain itu, pemudik yang melalui jalur ini dapat menikmati pemandangan alam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.