manfaat olahrga renag bagi kesehatan tubuh, bisa menurunkan berat badan

Intip 7 Manfaat Olahraga Renang yang jarang diketahui, bisa Menurunkan Berat Badan!

SPORT, INSPIRA – Renang adalah cabang olahraga yang memiliki banyak peminatnya. Pasalnya olahraga ini mempunyai segudang manfaat bagi kebugaran tubuh kita.

Dengan berenang, otot akan menjadi lebih kuat dan mampu menghilangkan rasa stres. Olahraga ini tergolong ke dalam cabang akuatik yang mengutamakan kecepatan gerakan kaki dan tangan agar tetap mengapung dalam air.

Berenang tergolong olahraga air yang mampu memberikan kesan menyegarkan sehingga sangat cocok untuk dilakukan saat musim panas. Olahraga ini dapat dilakukan oleh semua kalangan dari bayi hingga orang dewasa.

Manfaat olahraga renang sangat beragam diantaranya  dapat meningkatkan metabolisme  dan memperbaiki postur tubuh. Tidak hanya bermanfaat bagi kebugaran tubuh saja, renang juga bermanfaat bagi kesehatan mental. Berikut manfaat renang yang jarang Anda ketahui

Kesehatan Jantung dan Paru-paru

Dengan rutin melakukan olahraga renang maka aliran oksigen serta darah dalam tubuh menjadi lancar sehingga baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru.

Mengendalikan Stres

CNN

Selain bermanfaat untuk kesehatan jasmani, berenang juga mampu menjaga kesehatan mental. Berenang terbukti mampu memperbaiki suasana hati seseorang dan menghilangkan rasa stres maupun depresi dan mampu memperlambat penurunan fungsi berfikir.

Namun,  bagi pengidap gangguan kecemasan dan depresi, olahraga ini terbukti mampu mengurangi gejala stres serta membuat pikiran menjadi lebih tenang jika dilakukan  secara rutin.

Mengatasi Saraf Kejepit

Saraf kejepit merupakan kondisi ketika saraf tertekan oleh jaringan lain yang berada disekitarnya. Sehingga para pengidap penyakit ini cenderung  lebih banyak melakukan aktivitasnya di tempat tidur  yang secara perlahan dapat melemahkan kinerja otot.

Dengan melakukan olahraga renang, maka tulang belakang dan otot-otot yang berada di punggung akan menjadi lebih rileks.

Baik bagi penderita Insomnia

Berenang termasuk ke dalam olahraga yang mampu menjadikan tubuh lebh bugar serta membuat tidur lebih nyenyak, sehingga sangat baik dilakukan untuk penderita insomnia.

Dengan rutin melakukan kegiatan berenang maka kualitas tidur seseorang akan lebih meningkat. Pasalnya olahraga ini mampu mengurangi gejala stres yang dapat menyebabkan Insomnia.

Mampu Mengatasi Asma

Berenang juga bisa meningkatkan kapasitas paru-paru serta mengontrol pernapasan. Oleh karena itu, olahraga ini sangat dianjurkan bagi penderita asma agar mampu melatih sistem pernapasannya.

Baca juga: https://inspira.tv/bahaya-lato-lato-terkena-mata/

Menurunkan Berat Badan

Yesdok.com

Nah, berenang juga dapat menurunkan berat badan. Diketahui, dengan melakukan olahraga renang selama satu jam mampu membakar  sebanyak 400-700 kalori tetapi  bergantung pada intensitas renang yang dilakukan. Selanjutnya, manfaat berenang juga dapat mengurangi jaringan lemak di perut  sehingga membantu mengecilkan perut.

Baca juga: 3 REKOMENDASI OLAHRAGA YANG AMAN DILAKUKAN ANAK-ANAK

Membangun Massa Otot

Saat melakukan olahraga renang , seluruh otot tubuh akan bergerak untuk melawan arus air dan dari situlah, kekuatan massa otot akan terlatih. Renang juga dapat membantu mengecilkan betis serta menjadikannya lebih kuat dan kencang

Agar dapat memiliki tubuh yang sehat, tidak ada salahnya untuk rutin melakukan olahraga renang setidaknya 2-3 kali dalam seminggu. Selain berolahraga,  mengkonsumsi makanan yang sehat juga dapat membantu anda dalam menjaga kebugaran tubuh.

– PNA

Sumber: Siloamhospitals.com