Mulai Ada Peningkatan, Ribuan Pemudik Berangkat Dari Terminal Cicaheum

BANDUNG INSPIRA,- Masuk H-4 arus mudik di terminal Cicaheum Kota Bandung mulai ada peningkatan, meski belum signifikan. Berdasarkan data yang ada, sebanyak 3.500 pemudik berangkat dari terminal Cicaheum sejak H-7 hingga H-4 hari ini.

“Kalau dibanding 2019, menurun drastis. Tetapi kalau dibanding hari biasa, ada peningkatan. Biasanya hanya 600 sampai 700 orang. Hari ini sudah di atas 1000 orang,” jelas Kepala Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Roni Hermanto, Kamis (28/4).

Menurutnya, sebagian besar pemudik di terminal Cicaheum, dipaparkan Roni tidak mendominasi ke satu daerah, melainkan tersebar ke berbagai wilayah di kawasan Timur pulau jawa.

“Merata ya. Kalau AKDP itu ke Kuningan, Tasikmalaya, Pangandaran dan sekitarnya. Sedangkan untuk AKAP antar itu, ke daerah Surabaya, Malang, Blitar dan sekitarnya. Sementara ke Jawa Tengahnya itu ke Purwokerto, Monosobo dan daerah lainnya,” tuturnya.

Roni Hermanto memprediksi bahwa puncak pemudik ke wilayah Timur jawa dari Terminal Cicaheum, Kota Bandung akan terjadi pada besok atau Jumat 29 hingga Sabtu 30 April atau H-2 Lebaran.

“Kita perkirakan puncak pemudik mulai besok (Jumat) sampai dengan H-2 (Sabtu). Untuk armada sendiri kita persiapkan sebanyak 156 unit. Apabila terjadi lonjakan pemudik dari Terminal Cicaheum, kita persiapkan 10 unit sebagai backup,” imbuhnya.

Sementara, terkait pos pelayanan kesehatan di Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Roni Hermanto menambahkan telah beroperasi sejak H-7 Lebaran. Adapun orang yang telah divaksinasi sebanyak 100 pemudik.

“Untuk vaksinasi dari H-7 sampai H-5 sekitar 100 orang. Mayoritas mereka yang singgah di pos pelayanan kesehatan ini mengeluh pusing, dan tensi darah yang naik karena lelah di dalam perjalanan. Pos pelayanan kesehatan akan kita buka hingga H+7 Lebaran,” tandasnya. (TRI)

Leave a Reply

Your email address will not be published.