Imbas dari Prilaku Ribuan Pengunjung, Pemkot Bandung Tutup Taman Alun-Alun Sementara

BANDUNG INSPIRA,- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akhirnya melakukan penutupan sementara Taman Alun-alun pasca membeludagnya pengunjung pada H+5 Lebaran 2022, Jumat (6/5/2022). Ribuan warga yang datang tidak hanya berasal dari Kota Bandung, namun juga dari berbagai Kota di Bandung Raya.

“Sementara kita tutup dulu, kita menyayangkan prilaku warga yang datang kesini (Taman Alun-alun, red), terutama nyampahnya,” tegas Wali Kota Bandung, Tana Mulyana saat melakukan pemantauan di Taman Alun-alun Bandung, Jumat (6/5/2022).

Yana menilai, prilaku masyarakat yang tidak bisa menjaga lingkungan sekitar menggiring pihaknya untuk melakukan penutupan sementara Taman Alun-alun Bandung.

“Kita menyayangkan, tadi juga saya lihat dijalan-jalan, sampahnya masih dibiarkan begitu saja. Harusnya fasilitas publik kita jaga sama-sama, karena fasilitasnya kita nikmati juga sama-sama,” papar Yana.

Yana mengaku, ribuan pengunjung yang datang diluar ekspektasi, bahkan untuk penjagaan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung sempat kewelahan.

“Bisa jadi karena sudah dua tahun masyarakat tidak mudik dan juga tidak piknik karena pandemi. Otomatis tahun ini menjadi awal bagi mereka bisa keluar rumah. Sehingga membeludag gini,” ujarnya.

Sebetulnya, ucap Yana, siapapun boleh menikmati fasilitas di Alun-alun tersebut tanpa harus ada penutupan. Namun,lagi-lagi ia menyayangkan prilaku warga yang singgah di Alun-alun Kota Kota Bandung yang tidak menjaga prilaku mereka terutama masalah sampah.

Pihaknya pun menegaskan belum mengetahui kapan Taman Alun-alun akan dibuka kembali. Pasalnya, akan dilakukan evaluasi terkait pengunjung Taman Alun-alun yang diluar prediksi pada libur Lebaran 2022 tersebut.

“Kita lihat situasional. Belum tahu nanti dilihat (penutupan sampai Ahad). Petugas selalu mengingatkan masyarakat yang berkunjung untuk menjaga kebersihan dan protokol kesehatan namun masih terjadi,” tandasnya. (TRI)

Leave a Reply

Your email address will not be published.