olahraga penderita diabetes

5 Fakta Unik Di Balik Olahraga CRIPE, Bisa Atasi Diabetes!

SPORT INSPIRA-Insulin bekerja kurang optimal (resistensi insulin), salah satu masalah yang terjadi pada penderita diabetes melitus tipe 2. Sehingga gula tidak masuk ke dalam sel, maka dari aktivitas fisik berupa olahraga perlu dilakukan untuk membantu konstrol gula darah dan bermanfaat menurunkan berat badan. Sebab, saat melakukan olahraga jenis ini akan bekerja membantu menurunkan kadar gula darah.

Baca juga: https://inspira.tv/sandiaga-uno-beri-pelatihan-umkm-desa-wisata-citalutug/

Apa itu Olahraga CRIPE?

Olahraga dapat memiliki efek positif dan negatif tergantung pada bagaimana ketepatan Anda melakukannya. Rekomendasi atau pola olahraga bagi penderita diabetes dapat dimodifikasi berdasarkan CRIPE. Tujuan dari metode ini pada dasarnya adalah membuat tubuh membuang energi, membantu insulin bekerja lebih baik. CRIPE adalah singkatan dari continuous, rhythmic, intermittent, progressive, endurance.

  1. Continuous, Latihan secara teratur dan dilakukan secara berkesinambungan, misalnya jika Latihan berdurasi 30 menit maka selam 30 menit tersebut orang tersebut tidak diperkenankan untuk berhenti, contohnya mengggunakan treadmill, jalan cepat.

  2. Rhthymic, latihan yang dilakukan berirama sehingga otot-otot akan kontraksi dan relaksasi secara teratur, latihan dilakukan dengan tempo yang teratur, benar, dan tidak tergesa-gesa.

  3. Interval, latihan dilakukan bergantian antara gerakan cepat dan lambat. Misalnya, jika Anda melakukan senam joging, maka saat jogging, lakukan sprint secara bergantian lalu lakukan jogging lagi.

  4. Progressive, latihan dilakukan secara bertahap dari intensitas rendah hingga intensitas tinggi, namun harus disesuaikan dengan kemampuan masing-masing orang. Misalnya, jika Anda biasanya hanya berenang selama 30 menit, Anda dapat meningkatkannya secara bertahap menjadi 40 menit dan kembali tergantung pada kemampuan pribadi Anda.

  5. Endurance, latihan daya tahan untuk meningkatkan kapasitas kardiopulmoner, latihan dilakukan dengan partisipasi otot-otot besar untuk meningkatkan latihan kebugaran jantung dan paru untuk menyediakan oksigen dan energi yang cukup dalam selama.

Baca juga: https://inspira.tv/inilah-dampak-begadang-yang-wajib-anda-ketahui/

Untuk menghindari kejenuhan dalam melakukan metode CRIPE ini, penderita diabetes dapat menyelipkan olahraga yang bersifat seperti games. Contoh olahraga yang bersifat games adalah basket, sepak bola, tenis meja. Jadi, dalam 1 minggu dapat dilakukan 3x metode CRIPE dan diselipkan 2 olahraga games.

Kejenuhan saat berolahraga CRIPE pasti terjadi, untuk menghindarinya, penderita diabetes bisa menyisipkan permainan sejenis olahraga. Contoh olahraga yang bersifat permainan adalah bola basket, sepak bola, dan tenis meja. Dengan demikian, dalam 1 minggu Anda dapat melakukan metode CRIPE sebanyak 3 kali dan menyisipkan 2 pertandingan olahraga.

 

-Prise

sumber: Yesdok

Freepik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *