kenali gejala katarak yang sering menyerang para lansia

Kenali Gejala Katarak : Penyakit yang Sering Menyerang Para Lansia!

HEALTH,INSPIRA – Katarak merupakan penyakit yang ditandai dengan mengeruhnya lensa mata.  Mata  termasuk ke dalam organ yang sangat penting untuk dijaga. Oleh karena itu, Anda harus mengatahui gejala penyakit katarak dari sekarang guna menurunkan risiko terjadinya kebutaan.

Penyakit ini cenderung menyerang kaum lansia, tetapi anak muda juga berisiko untuk mengalami katarak. Salah satu penyebab penyakit katarak  oleh beberapa faktor  misalnya faktor penuaan, keturunan, cedera mata hingga penyakit diabetes.

Katarak  biasanya ditandai dengan beberapa macam gejala.  Hanya saja, gejala pada tahap awal katarak seringkali terabaikan. Hal tersebut terjadi karena gejala penyakit ini cenderung berlangsung secara lambat jika dibandingkan dengan penyakit lainnya. Berikut beberapa gejala penyakit katarak yang harus kamu pahami:

Penglihatan menjadi buram

Penyakit ini ditandai dengan buramnya penglihatan mata. Penderita katarak akan merasa benda yang letaknya jauh tampak kabur dan samar. Hal ini terjadi  karena penggumpalan protein lensa yang mengakibatkan lensa mata tidak jernih lagi. Akibatnya, cahaya yang akan masuk ke dalam mata terhalang dan membuat penglihatan menjadi buram.

Baca juga: https://inspira.tv/5-cara-menjaga-kesehatan-lambung/

Penglihatan ganda

Saat lensa mata mengeruh, maka penglihatan penderita katarak menjadi ganda. Bagi penderita katarak, gambar akan muncul secara ganda meskipun hanya membuka satu mata.

Sensitif terhadap cahaya

Gejala selanjutnya,para penderita katarak  akan lebih sensitif terhadap cahaya. Mata biasanya akan merasa silau dan sakit apabila melihat sumber cahaya. Penderita katarak pun akan melihat adanya lingkaran cahaya di sekitan lampu atau sumber cahaya.

Penglihatan menjadi kuning

Gejala selanjutnya terjadi ketika adanya gumpalan protein yang menutupi lensa mata sehingga mata berubah menjadi kuning atau berwarna kecoklatan. Hal tersebut juga menjadikan cahaya yang masuk ke dalam mata menjadi berwarna kuning. Kondisi ini menjadikan penderita katarak mengalami kesulitan dalam membedakan  warna khususnya warna biru dan ungu.

Sering mengganti ukuran kacamata

Salah satu gejala penyakit katarak lainnya ditandai dengan seringnya mengganti ukuran kacamata. Penyakit ini memang bersifat progresif sehingga akan semakin memburuk seiring berjalannya waktu. Oleh sebab itu, para penderita katarak dianjurkan untuk lebih sering melakukan penyesuaian kacamata.

Baca juga: https://inspira.tv/lakukan-beberapa-cara-untuk-mengatasi-gangguan-kecemasan/

Penglihatan menurun di malam hari

Mereka yang menderita katarak akan mempunyai penglihatan yang buruk di malam hari, sehingga penderita katarak disarankan untuk senantiasa berhati-hati  saat mengendarai motor maupun mobil di malam hari. Gejala sensitif terhadap  cahaya, dapat menganggu penglihatan penderita katarak sehingga risiko terjadinya kecelakaan semakin tinggi.

Nah, itulah beberapa gejala penyakit katarak yang wajib Anda ketahui. Jika Anda mengalami beberapa gejala di atas maka segeralah memeriksakan mata Anda ke dokter. Mulailah menerapkan pola hidup sehat agar Anda terhindar dari penyakit katarak.

– PNA

Sumber: Alodokter.com

Freepik.com

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *