Bilqis Bikin Mental Juara Dunia Menangis, Ternyata Anak Kembar Legenda Bulutangkis Indonesia

BANDUNG INSPIRA,- Nama atlet badminton Bilqis Prasista, mendadak jadi perbincangan dalam ajang Thomas-Uber Cup 2022. Hal itu terjadi setelah diirnya menaklukan juara sekaligus ranking pertama dunia dari Jepang bernama Akane Yamaguchi.

Bilqis baru berusia 18 tahun sukses mengalahkan sang juara. Sejurus kemudian, profil dirinya langsung banyak dicari.

Seperti diketahui, pada pertandingan terakhir penyisihan Grup A Uber Cup 2022 di Impact Arena Bangkok, Rabu 911/5) pagi WIB, Bilqis tanpa ampun pecundangi Yamaguchi dua set langsung, 21-19 dan 21-19.

Meski setelah kemenangan Bilqis, empat wakil Indonesia lainnya kalah dan Srikandi Merah Putih harus puas jadi runner up Grup A, namun Bilqis Prasista telah mengguncang dunia.

Bilqis saat ini tercatat sebagai tunggal putri ranking 333 dunia dianggap membuat kejutan terbesar di Thomas-Uber Cup 2022 dengan mengalahkan Yamaguchi.

Mengutip dari laman resmi BWF, bahkan di laman itu diungkap kalau Yamaguchi ternyata sangat terguncang alias syok berat setelah mengalami kekalahan itu.

Akane Yamaguchi sampai menangis saat memasuki ruangan konferensi pers pasca-pertandingan.

Bukan hanya itu, Yamaguchi sempat tidak mau menjawab pertanyaan wartawan. Sehingga staf BWF (federasi bulutangkis dunia) dan wartawan lokal Jepang harus menenangkan ratu bulutangkis dunia itu.

Baru setelah Yamaguchi tenang, ia mau berbicara.

“Saya satu-satunya alasan saya kalah. Saya tidak mengontrol pertandingan dengan baik,” kata juara dunia 2021 itu setelah menenangkan diri.

Pertanyaannya, siapa sosok Bilqis Prasista yang telah membuat mental ratu bulutangkis turun drastis?

Bilqis Prasista lahir di Magelang, Jawa Tengah, pada 24 Mei 2003, merupakan putri kembar dari pasangan legenda bulu tangkis Indonesia, Joko Suprianto dan Zelin Resiana.

Saudari kembarnya bernama Bilqis Pratista yang juga gemar bulu tangkis. Keduanya sama-sama bergabung dengan klub PB Djarum pada 2018.

Mengingat kedua orang tuanya adalah legenda bulu tangkis dunia, wajar jika darah olahraga tepok bulu ini mengalir pada diri Bilqis bersudara. Joko Supriyanto adalah mantan bintang tunggal putra Indonesia yang meraih juara dunia pada 1993.

Sementara sang ibu, Zelin Resiana juga aktif di awal 90an dan bergabung ke dalam tim putri Indonesia yang menjuarai Uber Cup 1994 dan 1996 bersama Susi Susanti.

Bilqis juga ternyata mempunyai saudara kembar dengan nama yang hampir mirip, yaitu Bilqis Pratista. Berbeda dengan Bilqis Pratista, Bilqis Prasista sejauh ini sudah mampu menembus pelatnas PBSI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.