Kopi

6 Khasiat Kopi Hitam Bagi Kesehatan Tubuh

Kopi adalah minuman favorit masyarakat dunia, termasuk di Indonesia. Kopi di konsumsi oleh pria maupun wanita. Kopi pula tidak mengenal umur, kaum muda maupun tua bisa mengkonsumsinya.

Bila kita telusuri lagi, kopi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kopi merupakan minuman yang sangat rendah kalori, tapi bisa dijadikan energi karena mengandung kafein di dalamnya. Oleh karena itu, banyak orang mengonsumsi kopi hitam untuk mencegah kantuk di kala aktivitasnya yang padat, karena kafein yang dikenal dapat membuat tubuh lebih berenergi dan bersemangat.

Namun, bila mengkonsumsi kopi berlebihan pun bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Seperti susah tidur pada malam hari, meningkatkan asam lambung, dan mengalami dada berdebar debar.

Baiknya kopi hitam di konsumsi secukupnya untuk mendapatkan manfaat maksimal dari minuman ini.

Apa saja manfaat kopi hitam? Berikut ini beberapa penjelasannya.

1. Meningkatkan Fokus

Kopi hitam dapat mengaktifkan neurotransmitters yang ada di dalam otak. Karena kafein yang terkandung dalam kopi, menstimulasi jantung dan metabolisme tubuh peminumnya. Dengan ini, fokus otak pun semakin meningkat.

2. Mencerdaskan Otak

Kopi hitam (tanpa gula) bisa memblokir neurotransmitter yang disebut adenosine. Ketika kafein memblokir adenosine, saraf otak akan meningkat, sehingga membantu melepaskan neutrasmiter yang bermanfaat.

3. Meningkatkan Daya Ingat

Kandungan kafein dalam kopi hitam disebut dapat membantu meningkatkan daya ingat peminum. Sebab, kafein bisa meningkatkan kemampuan otak dalam menyimpan memori jangka panjang.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kopi telah terbukti mampu menurunkan berat badan, karena mengandung asam klorogenat (antioksidan). Asam klorogenat akan menunda pembentukan glukosa dalam tubuh setelah makan malam. Selain itu, senyawa kimia tersebut juga menghambat pembentukan sel-sel lemak baru. Sehingga, kalori dalam tubuh berkurang.

Kopi hitam pun dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga baik untuk dikonsumsi sebelum ataupun setelah olahraga.

5. Menghindari Depresi

Kopi hitam disebut mengandung antidepresan yang bisa menurunkan risiko depresi. Penelitian menyebutkan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi kopi dua sampai tiga cangkir dalam sehari memiliki resiko lebih rendah terserang depresi. 

6. Mencegah Diabetes

Kandungan kafein tidak hanya baik untuk organ otak saja, tapi bisa juga untuk menurunkan risiko penyakit. Mengkonsumsi kopi hitam disebut bisa membantu menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2, karena kafein bisa meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.

Nah itu dia manfaat kopi hitam untuk kesehatan. Namun ingat untuk tidak berlebihan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *