AYO CEGAH, PILAH SAMPAHMU! SAMPAHKU TANGGUNG JAWABKU !

Yogyakarta, 15 November 2022

Sampah merupakan salah satu masalah krusial di masyarakat yang terkadang dianggap remeh, namun apabila tidak dikelola dengan baik maka dampaknya begitu terasa. Membiasakan hidup peduli akan masalah sampah ini akan lebih baik apabila ditanamkan sejak dini. Dengan pengalaman pemilahan sampah sejak dini ini akan memberikan pengalaman perilaku hidup sehat dan bersih sejak dini.

Dalam program classmeeting semester 1 tahun pelajaran 2022/2023 , SD juara Yogyakarta membuat kegiatan “Edukasi dan Pendampingan Pemilahan Sampah Untuk siswa kelas 1-6 ”. Kegiatan ini juga merupakan langkah nyata sesuai edaran Walikota Yogyakarta nomer 660/6123/SE/2022 tentang Zero Sampah Anorganik. Kegiatan ini bekerjasama dengan Paguyuban Eco Sae Migunani, yang beralamat di Perum Graha Banguntapan, Somenggalan, Jambidan, Banguntapan, Bantul ,Yogyakarta. Tim yang hadir hari itu adalah Bunda Rini Dewi Safitri, Bunda Maya Permatasari, dan Bunda Nariswari.

Kegiatan hari itu diawali dengan mengunjungi Tempat Pembuangan Sampah Sementara / Depo sampah terdekat dimana anak-anak melihat langsung kondisi Depo Sampah tersebut. Anak-anak dibagi beberapa kelompok dengan bergantian mengunjungi Depo Sampah. Sembari kelompok yang lain berangkat mengunjungi Depo Sampah, kelompok lain bermain games susun kata. Games ini untuk mengingatkan kembali anak akan slogan ‘Ayo Cegah, Pilah Sampahmu!. Sampahku tanggung jawabku!. Setelah kembali ke sekolah dan beristirahat sebentar, acara dilanjutkan dengan kegiatan menonton video animasi tentang apa itu sampah, mengapa penting memilah sampah, dan bagaimana memilah sampah. Pemutaran video ini bertujuan untuk pengingat dan media edukasi bagi anak – anak kelas. Anak-anak terlihat sangat antusias menonton video animasi tersebut.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan belajar memilah sampah, dimana anak-anak akan memilah sampah jajan yang mereka bawa, atau sampah yang mereka temukan di jalan ketika mereka mengunjungi Depo Sampah terdekat. Ada 4 jenis sampah yang harus anak-anak pilah , yaitu sampah organik, sampah plastik, sampah kertas, dan sampah residu (sampah yang belum bisa diolah). Anak-anak berurutan memilah sampah sesuai jenis nya.

Kegiatan diakhiri dengan bersama-sama meneriakkan slogan ‘Ayo Cegah, Pilah Sampahmu!. Sampahku tangggung jawabku!. Untuk mengingatkan kembali kepada anak-anak akan kesadaran pentingnya memilah sampah sejak dini. Mulai dari hal yang kecil, mulai dari sekarang, dan mulai dari diri sendiri . Bila hal ini sudah tertanam, maka harapannya pembiasaan baik memilah sampah dan peduli masalh sampah akan menjadi kebiasaan masyarat Indonesia ke depan.

Kontributor: Catur Palupi, S.Pd (Wakil Kelapa Sekolah SD Juara Yogyakarta )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *