2 Tahun Dilarang Mudik Prediksi Tahun Ini Membludak, Sistem One Way Berlaku di Tol

BANDUNG INSPIRA,- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberlakukan sistem one way atau satu jalur di Tol Cikampek selama periode mudik Lebaran pada tanggal 28 April 2022.

Pengaturan one way itu untuk meminimalisir terjadinya kepadatan kendaraan yang akan menuju wilayah barat maupun sebaliknya. Artinya, pemudik yang akan menuju wilayah seperti Jakarta dan Karawang pada periode tersebut tidak bisa melewati jalan tol, dan harus lewat jalur arteri atau non tol.

“Dalam waktu dekat akan terjadi kenaikan signifikan di jalur Utara, makanya kenapa tanggal 28-30 April ini akan ada one way dari Jakarta ke Cirebon dan Jawa Tengah juga. Sehingga dari Bandung ke arah Jakarta ini harus melalui jalur arteri,” kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Lodaya 2022 di Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (22/4).

Menurutnya persiapan personel dari Pemprov Jabar bekerjasama dengan TNI-Polri akan dilakukan sematang mungkin.

Berdasarkan prediksi pemudik tahun ini akan membludak, akibat dampak dari dua tahun lalu Ketika pemerintah melarang masyarakat melakukan perjalanan mudik akibat pandemi Covid-19.

“Ini pertama kalinya mudik dengan pelonggaran maka harus ada kelancaran,” tambahnya.

Kang Emil sapaan akrab Gubernur Jabar ini menambahkan, personel gabungan yang disiagakan mencapai 30 ribu. Selain itu, ada 330 pos pengamanan dari kepolisian, dan 150 pos di luar kepolisian.

“Sehingga total ada sekitatar 480 pos, selain di jalur mudik itu juga ada yang ditempatkan di tempat wisata,” terangnya.

Pemerintah memprediksi jumlah pemudik akan mencapai 85,5 juta orang, di mana 40 persennya menggunakan kendaraan pribadi.

Jalan Tol Berlaku Satu Arah

Leave a Reply

Your email address will not be published.