Jawaban Wamenkeu Soal Kenaikan Harga Pertalite dan Gas Elpiji 3Kg

JAKARTA INSPIRA,- Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengatakan kisi-kisi yang masih misteri soal kenaikan harga pertalite dan gas elpiji 3 kg.

Menanggapi harga pertalite dan elpiji 3 kg ini, Suahasil Nazara mengatakan fokus pemerintah saat ini adalah pemulihan perekonomian dari dampak pandemi.

“Saat pemulihan, perang Rusia dan Ukraina menambah risiko bagi pemulihan ekonomi,” ujar Suahasil dalam konferensi pers virtual, Kamis (21/4).

Menurut dia, di tengah pemulihan ekonomi kenaikan harga itu berpotensi menjadi imported inflation sehingga pemerintah harus mengkaji secara hati-hati dan mencari titik keseimbangan.

“Berapa besar yang harus dilakukan agar subsidi tetap terjalin, proses recovery Indonesia, pemulihan ekonomi masyarakat tetap,” ucapnya.

Di sisi lain, kehati-hatian juga harus diperhitungkan karena jika terjadi peningkatan harga komoditas, subsidi akan meningkat.

Sebelumnya, sinyal kenaikan tersebut pernah disampaikan oleh Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri ESDM Arifin Tasrif.

Harga Pertalite akan naik Rp 2.000 hingga Rp 3.000 per liter sehingga menjadi kisaran Rp 9 ribu – Rp 10 ribu.

Wacana kenaikan karena melihat dampak harga minyak dunia yang makin tinggi. (GIN)

Leave a Reply

Your email address will not be published.