Tol Trans Jawa dan Jalur Selatan Jabar Masih Jadi Primadona Pemudik

BANDUNG INSPIRA,- Hadirnya Tol Trans Jawa yang menghubungkan antara Jakarta hingga ke Jawa Timur kini  menjadi jalur primadona yang dipilih oleh masyarakat dalam melakukan perjalanan arus mudik lebaran Idul Fitri 2022.

“Kalau kita melihat dari evaluasi yang ada masyarakat sekarang kecenderungan akan langsung ke Jawa Tengah dan Jawa Timur, mereka tetap menggunakan jalur tol sebagai jalur favorit,” kata KBO Ditlantas Polda Jabar AKBP, Bayu Catur Prabowo saat dihubungi via ponselnya, Senin (25/4/2022).

Bayu menjelaskan pada tahun ini akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kepolisian akan menerapkan sistem one way di jalan tol yang mengarah ke timur (Jawa Tengah dan Jawa Timur).

“Terlebih (akan menjadi pilihan masyarakat) lagi bila dari kepolisian mengumumkan akan melaksanakan one way,” ucapnya.

Namun jalur selatan Jabar, tak kalah dengan jalur tol yang ada di wilayah Pantura. Berdasarkan evaluasi di tahun 2019, selama operasi ketupat dilaksanakan tercatat ada 400 ribu kendaraan yang masuk kemudian keluar di Cileunyi menjadi 430 ribu.

“Trendnya jalur selatan masih jadi jalur favorit mudik. Jadi itu untuk ke jalur ke Sumedang, Tasik, Garut. Karena orang Garut, Tasik banyak merantau di luar daerah baik Jakarta. Arus selatan tinggi kalau presentase tetap lebih unggul melalui Cipali hampir 63 persen,” ungkapnya. (MSN)

Leave a Reply

Your email address will not be published.