Situasi Mudik H-3, Volume Kendaraan Terus Meningkat Diprediksi Puncak Mudik Hari Ini

JAKARTA INSPIRA,- Volume kendaraan di tol Jakarta-Cikampek, tepatnya di kawasan Cikarang Barat KM 37 terus mengalami peningkatan di hari Jumat (29/4/2022) atau tepatnya di H-3 Lebaran 2022.

Antrean kendaraan didominasi mobil pribadi dan beberapa bus serta truk. Dari pantauan CCTV NTMC Polri, tampak penumpukan kendaraan terlihat sejak pagi hari.

“CCTV NTMC Polri pada Jumat (29 April 2022) pagi pukul 6.00 WIB di KM 37 Cikarang Barat, terpantau volume kendaraan ramai,” mengutip dari NTMC Polri.

Volume kendaraan yang berada di kawasan Karawang Barat KM 47 – GT Kalikangkung KM 414 juga mengalami peningkatan pada hari ini.

Untuk mengantisipasi kemacetan panjang di Karawang Barat KM 47 – GT Kalikangkung KM 414, kepolisian memberlakukan skema satu arah (one way) dan ganjil-genap. Jalur one way diperuntukkan khusus bagi kendaraan kecil dari arah Semarang.

Sementara itu, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memperpanjang pemberlakuan one way dari KM 47 sampai KM 414 di Tol Cikampek-Kalikangkung. Aturan ini berlaku hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

“Berdasarkan kondisi di lapangan pada dini hari ini sampai dengan pukul 2.00 WIB, masih didapatkan besarnya arus kendaraan dari jalan tol Jakarta menuju ke arah timur,” kata Kepala Bagian Operasi Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi dikutip Pikiran-rakyat.com dari Antara, Jumat 29 April 2022.

Terkait aturan tersebut, Eddy meminta maaf kepada masyarakat khususnya pengguna jalan yang mengarah ke Jakarta. Ia mengajak masyarakat untuk tetap patuh terhadap aturan dan tertib berlalu lintas terlebih pada saat mudik Lebaran 2022.

“Kami tetap mengimbau agar masyarakat tetap tertib di jalan serta memanfaatkan jalur arteri dan alternatif yang ada. Semoga selamat sampai tempat tujuan,” katanya.

Puncak arus mudik Lebaran 2022 diprediksi terjadi pada tanggal 29 April 2022 sekarang, seiring dengan dimulainya hari libur nasional secara serentak atau cuti bersama. (MSN)

Leave a Reply

Your email address will not be published.