Ridwan Kamil Pimpin Upacara Bela Negara Tingkat Jabar

KOTA BANDUNG INSPIRA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi pembina upacara peringatan ke – 74 Hari Bela Negara tingkat Jawa Barat, di halaman Gedung Sate, Senin (19/12/2022).

Upacara yang dihadiri para ASN Pemda Provinsi Jabar dan sejumlah undangan itu diawali pembacaan teks Pancasila, UUD 45, dan ikrar bela negara.

Gubernur kemudian membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo pada peringatan hari bela negara yang tahun ini mengangkat tema Bangkit Bela Negaraku, Jaya Indonesiaku.

Dalam sambutan tersebut, seluruh warga negara diminta memiliki semangat, kesadaran dan kemampuan bela negara. Warga juga harus punya daya tangkal dan ketangguhan dalam menghadapi situasi yang semakin berkembang pesat dan kompleks di segala bidang.

“Oleh karena itu kita harus terus membangun SDM unggul, produktif, inovatif dan berdaya saing serta memiliki kesadaran bela negara,” ujar Joko Widodo.

Bela negara adalah sikap, prilaku dan tindakan warga dalam menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah serta keselamatan bangsa dan negara. Bela negara juga merupakan kehormatan bagi warga yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan rela berkorban mengabdi untuk bangsa dan negara.

Adapun nilai dasar bela negara adalah cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setiap kepada pancasila dan rela bekorban untuk kepentingan bangsa dan negara.

“Nilai-nilai inilah yang harus diimplementasikan di lingkungan masyarakat,” kata Joko Widodo.

Pada peringatan ke – 74 bela negara ini, Presiden mengajak kepada semua komponen bangsa untuk menunaikan tugas dan tanggung jawabnya sesuai peran dan profesinya masing-masing ikut serta dalam bela negara.

“Jadikan hari ini sebagai momentum meningkatkan kesadaran, semangat serta kewajiban membela negara dan mempertahankan NKRI,” ajaknya. (EN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *