PT Jasa Raharja Cabang Utama Jawa Barat Lakukan Koordinasi dengan PSIP Bapenda Jawa Barat

BANDUNG INSPIRA Bertempat di Ruang PSIP Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat. Jasa Raharja Jawa Barat yang diwakili oleh Tri Edy selaku Kepala Bagian Asuransi didampingi oleh Indrawan Ayip Rosyidi, Kepala Sub Bagian Sumbangan Wajib & Humas Koordinasi dengan PSIP Bapenda Provinsi Jawa Barat bersama Deni Romdoni dan Effendi terkait data Samsat dan program kerja 2023 dari Bidang PSIP. Program Teknologi Samsat harus terus dikembangkan agar memberikan kemudahan dalam pelayanan kepada wajib pajak. Berikut adalah beberapa kemungkinan hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemudahan pelayanan dengan menggunakan teknologi di Samsat yang telah digagas oleh Tim PSIP Bapenda Provinsi Jawa Barat sebagai berikut :

  1. Pendaftaran Online: Program Teknologi Samsat dapat memungkinkan wajib pajak untuk mendaftarkan kendaraannya secara online. Hal ini akan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk datang ke kantor Samsat secara langsung.
  2. Pembayaran Online: Samsat dapat mengembangkan sistem pembayaran online untuk membantu wajib pajak membayar pajak kendaraan mereka tanpa perlu pergi ke kantor Samsat.
  3. Integrasi dengan Bank: Samsat dapat berkolaborasi dengan bank untuk menyediakan kemudahan pembayaran pajak kendaraan melalui internet banking atau ATM bank.
  4. Aplikasi Mobile: Pengembangan aplikasi mobile dapat membantu wajib pajak melakukan pendaftaran dan pembayaran pajak kendaraan mereka secara mudah dan cepat.
  5. Pengingat Pajak Kendaraan: Program Teknologi Samsat dapat memberikan pengingat kepada wajib pajak melalui pesan teks atau email untuk mengingatkan mereka tentang jatuh tempo pajak kendaraan mereka.
  6. Customer Service yang Baik: Samsat dapat memperbaiki customer service mereka dengan mengadakan pelatihan bagi pegawai mereka, sehingga mereka dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada wajib pajak.
  7. Perbaikan Sistem: Samsat dapat memperbaiki sistem mereka untuk menghindari antrian panjang dan mencegah terjadinya kesalahan dalam pengolahan data.

Jasa Raharja selaku Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan terus selalu mendukung dan berinovasi guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.