PT Geo Dipa Energi (Persero) Unit Patuha berhasil meraih kinerja gemilang selama tahun 2022

BANDUNG INSPIRA – PT Geo Dipa Energi (Persero) Unit Patuha berhasil meraih kinerja gemilang selama tahun 2022 dengan mencatatkan produksi sebesar 445 Gwh, berkontribusi terhadap pengurangan emisi hingga ± 2.340 ton CO₂eq. Hal ini disampaikan oleh General Manager GDE Patuha dalam Townhall Meeting Akhir Tahun 2022 di PLTP Patuha. Selain prestasi dalam hal pencapaian produksi PT Geo Dipa Energi (Persero) Unit Patuha juga memperoleh pendapatan sebesar 103% melampaui target 2022, pencapaian dari sisi keuangan tersebut didukung oleh pencapaian di lini usaha dengan menerapkan cost optimization. Untuk mengembangkan bisnis perusahaan, sepanjang tahun 2022.  PT Geo Dipa Energi (Persero) telah menyelesaikan pengeboran 5 sumur pengembangan di area Patuha oleh team Project Management Unit (PMU).

Dalam usaha mencapai sasaran bisnisnya, PT Geo Dipa Energi (Persero) sangat memprioritaskan aspek HSSE (Health, Safety, Security and Environment) sebagai pedoman dalam semua kegiatan operasional. Tercatat kinerja HSSE sebesar 6.052.000 jam kerja aman (zero lost time incident) sejak PLTP Patuha mulai berproduksi dari tahun 2014. Selain itu terdapat Efisiensi Energi sebesar 2.500.000 kwh dan lebih dari 42.500 kg sampah organic termanfaatkan. Atas konsistensinya dalam penerapan HSSE, PT. Geo Dipa Energi (Persero) Unit Patuha berhasil meraih berbagai penghargaan di antaranya: Peringkat Proper Hijau dari Kementerian LHK, Peringkat Aditama Bidang Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dari Ditjen EBTKE Kementerian ESDM, Peringkat Utama Bidang Lindungan Lingkungan (LL) dari Ditjen EBTKE Kementerian ESDM, Bendera Emas SMK3 dari Kemenaker selama 3 kali berturut-turut, Penghargaan Kecelakaan Kerja Nihil dari Kemenaker, Penghargaan Kecelakaan Kerja Nihil dari Gubernur Jawa Barat, dan Penghargaan Panitia Pembina K3 (P2K3) Kategori Platinum dari Gubernur Jawa Barat.

Lebih lanjut, Ilen Kardani menyampaikan bahwa pertumbuhan perusahaan harus memberikan kontribusi bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah operasi perusahaan. Untuk itu PT Geo Dipa Energi (Persero) Unit Patuha fokus mengembangkan berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR) unggulan di area operasi, antara lain Pengembangan UMKM Makanan Ringan, Pengembangan UMKM Seni di Desa Panundaan, UMKM Kopi, Desa Wisata dan TPST di Desa Sugihmukti, Kelompok Desa Wisata Alamendah, serta program lainnya yang bersifat charity seperti perbaikan sarana olah raga, fasilitas umum, dan renovasi rumah. Program CSR yang diimplementasikan PT Geo Dipa Energi (Persero) Unit Patuha di tahun 2022 memberikan kontribusi kepada 3.500 penerima manfaat.  Sehingga PT Geo Dipa Energi (Persero) berhasil meraih penghargaan berupa Top CSR Award Corporate Social Responsibility (CSR) dari Top Business untuk kategori TOP CSR 2022 #Stars 5.

Atas upaya tersebut membawa PT Geo Dipa Energi (Persero) Unit Patuha meraih 9 penghargaan di tahun 2022 di bidang HSSE, CSR, Public Relation, Sustainability, dan Inovasi.  “Kami bersyukur untuk seluruh pencapaian ini, semoga dapat memberikan manfaat bagi seluruh pemangku kepentingan untuk kinerja perusahaan yang lebih baik lagi di tahun 2023,” tutup Ilen Kardani. ***(EN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *