Keutamaan Bulan Rajab Bagi Umat Islam, Ustadz Adi Hidayat Jabarkan Amalan yang Dianjurkan

Di Bulan Rajab, Ustadz Adi Hidayat menyerukan amalan-amalan sunnah yang baik dikerjakan umat muslim, meski demikian amalan tersebut juga dapat ditunaikan di bulan-bulan lainnya.

Setelah bulan Jumadil Akhir 1444 Hijriyah, maka selanjutnya akan datang bulan Rajab 1444 Hijriyah.Bulan Rajab merupakan bulan ketujuh dalam sistem penanggalan Islam, masuk dalam satu di antara bulan haram.

Dalam menyambut Bulan Rajab, terdapat sejumlah amalan-amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan umat muslim.

Puasa adalah salah satu amalan yang kerap dikerjakan umat muslim, tak hanya puasa wajib di bulan Ramadhan namun juga puasa sunnah bulan-bulan lainnya.

Ustadz Adi Hidayat menjelaskan, keutamaan bulan Rajab adalah termasuk dalam empat bulan haram atau bulan mulia.

“Di dalam empat bulan mulia tersebut dianjurkan untuk memperbanyak amalan-amalan termasuk puasa, jadi tidak hanya di bulan Rajab saja, Puasa di bulan haram ini adalah puasa yang dicintai Allah selain di bulan Ramadhan,” terang Ustadz Adi Hidayat dikutip dari kanal youtube Audio Dakwah.

Hal itu sebagaimana tersurat di dalam Surah At-Taubah Ayat 36

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ ۚ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً ۚ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ

Artinya: Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.

“Silakan bagi yang ingin meningkatkan puasa, yang sudah terbiasa Senin Kamis, bisa puasa Ayyamul Bidh kemudian ditingkatkan dengan puasa Daudnya, boleh, silakan,” jelas Ustadz Adi Hidayat.

Allah memerintahkan bila telah masuk di bulan-bulan mulia, umat Islam dilarang berbuat zalim.

Selain berpuasa sunnah, umat Islam juga dianjurkan mengerjakan amal shaleh lainnya, di antaranya memperbanyak dzikir, shalawat, dan bersedekah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *