BERITA INSPIRADAERAHHEADLINE NEWS

Pemda Provinsi Jabar Intens Sempurnakan Pengusulan Inggit Garnasih sebagai Pahlawan Nasional

KOTA BANDUNG INSPIRA — Pemda Provinsi Jawa Barat intens melakukan penelitian, diskusi, dan penyempurnaan administrasi maupun dokumen yang dibutuhkan untuk pengusulan Inggit Garnasih sebagai pahlawan nasional.

Hal itu dikatakan Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jabar Dewi Sartika dalam Seminar Nasional Pengusulan Calon Pahlawan Nasional Inggit Garnasih di Hotel Savoy Homann, Kota Bandung, Jumat (17/2/2023).

“Kami sudah banyak melakukan penelitian, diskusi dan penyempurnaan untuk gelar Ibu Inggit. Seminar ini juga sebagai tindak lanjut dan bagian penting pengusulan gelar pahlawan,” ucapnya.

Pemda Provinsi Jabar juga sudah membentuk Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Provinsi Jabar untuk melakukan proses penelitian dan pengkajian terhadap Inggit Garnasih sebagai Calon Pahlawan Nasional (CPN) dari Provinsi Jabar pada 2023.

Sementara itu, Ketua TP2GD Provinsi Jabar Reiza D. Dienaputra memaparkan makna perjuangan Inggit Garnasih bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menurut Reiza, Inggit Garnasih menjadi tokoh penting dalam safari politik Ir. Soekarno saat membangun kesadaran rakyat tentang pentingnya kemerdekaan sekaligus pendirian Partai Nasional Indonesia (PNI) pada 1927.

“Inggit Garnasih menjadi aktor penting dalam menguatkan Soekarno di pengasingan, baik Ende maupun Bengkulu. Sosok pejuang wanita dan wanita pejuang yang berhasil menjadikan pemuda Soekarno sebagai proklamator dan Presiden Pertama Republik Indonesia,” ucap Reiza.

Pernyataan senada disampaikan Anggota DPRD Jabar Abdy Yuhana. Menurutnya, Inggit Garnasih memberikan peran yang cukup besar dalam membangun bangsa Indonesia.

Selain menjadi tokoh penting dalam perjuangan Ir. Soekarno, Inggit Garnasih pun menjadi motivator bagi Ir. Soekarno untuk terus tumbuh dan berkembang menjadi pemimpin besar di Indonesia.

“Atas jasa-jasanya memberikan peran yang cukup besar dalam konteks kekonsistenan membangun bangsa ini, maka sangat tepat Bu Inggit ini diberikan gelar pahlawan nasional,” ucap Abdy.

“Kita sebagai masyarakat Jawa Barat akan bangga setelah tahun lalu KH. Sanusi menjadi Pahlawan Nasional di Indonesia, maka tahun 2023, Bu Inggit Garnasih yang memiliki catatan besar bagi Indonesia akan menjadi pahlawan nasional Indonesia,” imbuhnya.

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

About Us

Inspira Media adalah Media Holding yang bergerak di bidang content creator, content management, serta distribusi informasi dan hiburan melalui berbagai platform.