Menunggu Hasil Sidang Perdana Ferdy Sambo Hari Ini

Jadwal sidang dengan tersangka Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Richard Eliezer atau Bharada E, Ricky Rizal atau Bripka RR, dan Kuat Ma’ruf dilaksanakan hari ini pada Senin, 17 Oktober 2022 pukul 10.00 WIB, di Ruang Sidang Utama PN Jakarta Selatan. Sidang tersebut juga disiarkan secara streaming langsung dari Youtube PN Jaksel.

Kelima tersangka tersebut dijerat Pasal 340 KUHP subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 dan Pasal 56 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) atas dakwaan perbuatan pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J dengan ancaman pidana maksimal hukuman mati, penjara seumur hidup, atau penjara selama-lamanya 20 tahun.

Terdakwa Ferdy Sambo sendiri tiba di PN Jakarta Selatan pukul 09.10 WIB, dengan tangan yang diborgol sembari membawa buku merah dan  mengenakan baju batik berwarna coklat lalu dibalut rompi tahanan milik kejaksaan. Ia tiba menggunakan mobil taktis milik Korps Brigadir Mobile (Brimob).

Terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J, Ferdy Sambo saat dibawa dari ruang tahanan ke ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (17/10/2022). (Sumber : KOMPAS.com/Muhammad Isa Bustomi)

Pukul 09.55 WIB, Ferdy Sambo memasuki ruang sidang kelas 1A Khusus PN Jakarta Selatan. Dan disusul oleh tiga majelis hakim yakni Wahyu Iman Santoso, Morgan Simanjutak, dan Alimin Ribut Sujono.

Sidang dimulai pukul 10.05 WIB setelah wartawan mengambil foto dari terdakwa Ferdy Sambo. Selama sidang berlanjut, Jaksa penuntut umum membacakan seluruh dakwaan terhadap Ferdy Sambo. Lalu kuasa hukum terdakwa Ferdy Sambo membacakan eksepsi atau nota keberatan terhadap surat dakwaan yang telah dibacakan oleh Jaksa Penuntut karena merasa tidak cermat dan menyimpang dari ketentuan hukum itu sendiri.

Kemudian sidang pun diskors hingga pukul 13.45 WIB yang dilanjutkan dengan pembacaan eksepsi oleh tim kuasa hukum Ferdy Sambo. Dan sidang sendiri masih terus berlanjut sampai detik ini yang disiarkan langsung secara streaming dari akun Youtube PN JAKARTA SELATAN.

Berikut linknya : https://youtu.be/BRonF2EeIqE

(Penulis,

Syfa Putri Amalia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *