Menu Sahur Warisan Sang Ibu Ini Bikin Perut Adem, Jadi Santapan Favorit Yana Mulyana

BANDUNG INSPIRA,- Dibalik kesibukannya sebagai orang nomer satu di Kota Bandung, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana ternyata tetap tidak melupakan tradisi santapan ala rumahan dibulan Ramadan. Masakan sang istri tercinta, Yunimar hingga puasa hari kedua masih menjadi hidangan utama yang disantap pria kelahiran Bandung, 17 Februari 1965 ini.

Ternyata Yana termasuk orang yang menjaga pola hidup, terutama makanan, dikala tidak sedikit orang-orang yang merindukan gorengan khas Bandung seperti bala-bala dan lainnya untuk berbuka, Yana justru mengaku tidak pernah makan gorengan.

“Gorengan mah gak pernah,” ucapnya, saat dihuhungi melalui pesan singkat WhatsApp, Selasa (5/4/2022).

Saat disinggung menu khas puasa apakah yang biasa tersaji dimeja makan, Yana yang dikenal sebagai pengusaha dan politikus ini pun langsung berbagi cerita menu buka favorit keluarga.

“Untuk buka puasa mah, biasanya kolak candil atau cincau hijau,” katanya.

Namun, berbeda dengan hidangan buka puasa yang punya menu andalan, untuk santapan besar buka puasa, dirinya mengaku tidak ada khusus. “Makan mah apa aja, soalnya tidak banyak makan besar,” sambungnya.

Tapi yang unik, anak dari tokoh Angkatan 45, alm. Soepardjo tersebut punya menu warisan atau kebiasaan dari sang ibu tercinta yang masih ia lakukan hingga kini. Menyantap makanan yang dikukus saat sahur ternyata jadi andalan atau amunisi Yana agar tetap sehat dibulan Ramadan.

“Kalau sahur selalu ada mentimun kukus sama labu kukus biar perutnya adem, kebiasaan ibu saya. Tapi timun sama labunya yang kecil, enak manis,” beber ayah dua anak ini.

Saat ditanya apakah bulan Ramadan Kali ini, ia dan keluarga masih melakukan ibadah bersama, menurutnya pada hari pertama dan kedua Ramadan ia melaksanakan sholat Teraweh dan Magrib serta buka puasa dirumah.

“Kemarin Magrib sama sholat Taraweh di rumah, bareng berempat, karena anak bungsu saya lagi isoman. Tapi yang terpenting adalah kita semua semoga selalu diberi kesehatan, karena kalau ada tugas ya saya pasti harus bisa menjalankannya dengan semaksimal mungkin,” tandas Yana. (Tri)

Leave a Reply

Your email address will not be published.