Kemenhub Siapkan 350 Bus Mudik Gratis

JAKARTA INSPIRA,- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan sebanyak 350 bus mudik gratis yang bisa mengangkut sekitar 10.500 pemudik pada Lebaran tahun ini.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setyadi mengatakan Surat Edaran terkait pelaksanaan mudik gratis tersebut sedang disiapkan.

“Kita akan menyiapkan 350 bus mudik gratis tahun ini dengan mengangkut sekitar 10.500 penumpang. Itu akan kita bagi, baik untuk yang mudik maupun yang balik,” kata Budi kepada wartawan, Jumat (8/4).

Untuk perjalanan mudik, akan disiapkan sebanyak 270 bus yang bisa mengangkut 8.100 penumpang. Sedangkan untuk arus balik, ada 80 bus yang mengangkut 2.400 penumpang.

Selain itu juga disiapkan 34 unit truk yang mengangkut sepeda motor para pemudik. Puluhan truk itu dibagi untuk arus mudik dan balik, masing-masing 17 unit untuk mengangkut 510 motor.

Disampaikan Budi, tujuan mudik gratis tahun ini adalah wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah. Untuk Jawa Barat yakni Tasikmalaya, Garut, dan Cirebon.

Sedangkan untuk Jawa Tengah meliputi Tegal, Semarang, Kudus, Solo, Wonogiri, Purworejo, Purwokerto, dan Cilacap.

“Memang sebagian besar ke Jawa Tengah karena hasil survei saja banyak perjalanan masyarakat yang ke arah Jawa Tengah,” ucap Budi.

Kata Budi, pelaksanaan mudik gratis ini akan dilakukan pada 27 hingga 29 Maret. Untuk mekanisme pendaftaran bisa melalui online atau secara langsung mulai pekan depan.

“Dan tentunya ini bisa cepat terisi karena sudah banyak beberapa komunitas masyarakat, katakan komunitas masyarakat Banyumas, masyarakat Wonogiri, masyarakat mana yang sudah mulai komunikasi dengan saya. Jadi kalau mau mendaftar ya monggo cepat-cepatan. Atau melalui komunitas yang dikoordinir oleh beberapa pemimpin atau ketua atau koordinator komunitas di beberapa daerah tadi,” tutur Budi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.