Kejanggalan Dalam Pesan Group Relawan Anies Soal Ajakan Pukuli Ade Armando

BANDUNG INSPIRA,- Sebuah pesan dalam grup WhatsApp (WA) mengatasnamakan Relawan Anies Apik 4, kini menuai topik perbincangan hangat di bibir publik, setelah dosen UI, Ade Armando digulung oleh massa di Gedung DPR/MPR RI, pada saat aksi unjuk rasa tanggal 11 April 2022 kemarin.

Grup WA Relawan Anies Apik 4 disebut-sebut sebagai pemberi informasi kehadiran Ade Armando di lokasi demontasrasi. Tangkapan layar percakapan di grup WA Relawan Anies Apik 4 pun memang sedang viral sekarang.

Seorang anggota grup bernama Usman membagikan sebuah foto demo di depan gedung DPR/MPR RI. Dalam foto itu terlihat sosok Ade Armando berbincang dengan beberapa orang.

Tampak pula seorang pria paruh baya, yang diduga berusia 45 tahun ke atas sedang menatap ke arah kamera.

Pria itulah yang disebut-sebut sebagai pemberi informasi tentang Ade Armando yang ada di lokasi demo.

Pria itu juga disebut-sebut sebagai orang yang mengajak untuk memukuli Ade Armando.

“Tolong diinfokan ke massa aksi kalau si Ade Armando ada di depan gedung DPR MPR. Geruduk si Islamopobhia ini,” tulis anggota grup Relawan Anies Apik 4.

Namun, jika diamati secara seksama group Relawan Anies Apik 4 ini terkesan misterius.

1. Relawan Belum Terdengar Deklarasi

Relawan Anies Apik 4 belum pernah mendeklarasikan atau mengumumkan adanya relawan tersebut sehingga keberadannya bisa dikatakan cukup misterius.

2. Kejanggal Foto di Area Demo

Foto demo yang dibagikan dalam grup Relawan Anies Apik 4 memang tampak janggal. Pria yang mengenakan topi di foto itu seolah-olah sebagai orang yang mengambil foto dan membagikannya di grup pesan WA.

Kalau diperhatikan secara detail, pria itu tidak terlihat seperti sedang selfie, sebaliknya ia sedang difoto oleh orang lain dengan latar belakang Ade Armando.

3. Framing Perusuh

Grup WA dengan nama Relawan Anies Apik 4, diduga sengaja dibuat untuk membuat framing kalau penyusup yang merusuhkan unjuk rasa pada tanggal 11 April 2022 merupakan Relawan Anies.

4. Waktu Pesan Ketika Ade Armando Dikeroyok

Pengeroyokan Ade Armando seolah-olah bermula dari ajakan anggota grup WA Relawan Anies Apik 4.

“Tolong diinfokan ke massa aksi kalau si Ade Armando ada di depan gedung DPR MPR. Geruduk si Islamopobhia ini,” tulis si anggota grup tersebut.

Informasi ini terkesan janggal karena dibagikan di grup Relawan Anies pukul 16:13 WIB, sementara yang terjadi adalah Ade dikeroyok sebelum pukul 16:00 WIB.

Melihat waktu pengeroyokan dan dalam pesan itu berbeda. Padahal dari pantauan, Ade Armando mulai bersitegang dengan massa sekitar pukul 15:30 WIB. Beberapa waktu kemudian Ade langsung dikeroyok oleh sekelompok massa.

Berita pengeroyokan Ade Armando oleh media rata-rata pukul 16.00 WIB. (MSN)

Leave a Reply

Your email address will not be published.