Jantungku Aplikasi Kesehatan Pertama yang Dilengkapi Fitur Catatan Medis

BANDUNG INSPIRA – Sebanyak 2.7 juta penduduk di Indonesia menderita penyakit jantung. Angka tersebut muncul berdasarkan hasil riset kesehatan dasar tahun 2018 atau yang lebih dikenal dengan Riskesdas yang merupakan survey lima tahunan Badan Litbang Kementerian Kesehatan secara nasional.

Atas dasar itulah, aplikasi Jantungku hadir sebagai solusi layanan kesehatan jantung terintegrasi dari hulu ke hilir yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Terlebih di era digital sekarang ini, layanan kesehatan serba praktis banyak diburu masyarakat.

dr. Agus Thosin, Sp.JP., dokter spesialis jantung yang juga merupakan salah satu co-founder dari Jantungku mengatakan, aplikasi tersebut memiliki fitur yang merupakan sebuah terobosan dalam aplikasi kesehatan.

“Aplikasi ini dapat menyimpan data kesehatan penggunanya dengan aman, serta rekam medis hanya dapat berikan dengan seizin pengguna tersebut jika sewaktu-waktu diperlukan,” ungkapnya, Selasa (26/7/2022).

Diakuinya, hal tersebut sangat membantu para dokter spesialis jantung pada khususnya dalam memberikan penilaian medis kepada pengguna. “Baik melalui konsultasi online maupun langsung, berhubung penyakit jantung ini merupakan chronic desease,” tuturnya.

Terlebih, tambahnya, dengan dilengkapi fitur catatan medis yang belum ada pada aplikasi kesehatan lainnya, sehingga masyarakat Indonesia dapat menyimpan seluruh data rekam medis hanya dalam satu genggaman, serta dilengkapi dengan fitur pertukaran data rekam medis dari pengguna kepada Dokter yang sedang berkonsultasi via chat Dokter.

“Dengan adanya Jantungku masyarakat dapat mengakses layanan kesehatan jantung yang mudah, lengkap, aman, efektif dan efisien. Berbagai kemudahan akan langsung Anda rasakan ketika memutuskan mengunduh  aplikasi 
jantungku ini ke ponsel pintar Anda,” bebernya.

Berikut ini adalah beberapa fitur unggulan yang dapat Anda akses melalui Aplikasi Jantungku :

Fitur Catatan Medis
Fitur unggulan utama dari jantungku yang tidak ada di aplikasi kesehatan lainnya yaitu fitur catatan medis. Fitur ini dapat digunakan pengguna Jantungku untuk dapat menyimpan seluruh data kesehatannya hanya dalam satu genggaman di ponsel Anda. Semua data rekam medis Anda dari layanan faskes lainnya seperti foto hasil EKG, ECHO, Laboratorium, dan lain sebagainya bisa Anda unggah di aplikasi Jantungku. Seluruh data kesehatan pengguna Jantungku tersimpan dalam teknologi blockchain yang menjadi keunggulan Jantungku, sehingga pengguna tidak perlu khawatir datanya hilang atau diakses orang lain tanpa seizin pengguna yang bersangkutan.

Fitur Konsultasi Online
Fitur unggulan lainnya dari aplikasi Jantungku adalah telemedicine. Bertajuk Chat Dokter, di fitur yang satu ini Anda bisa melakukan konsultasi tanpa harus tatap muka dengan dokter terpercaya pilihan Anda dari berbagai fasilitas kesehatan yang ada di seluruh Indonesia. Di mana semuanya merupakan dokter Jantung yang sudah teregister di Ikatan Dokter Indonesia sehingga Anda bisa mengandalkannya.

Kelebihan telemedicine Jantungku yaitu dengan dilengkapi kemudahan pertukaran data catatan medis pribadi Anda kepada Dokter yang sedang berkonsultasi, sehingga Dokter dapat mendiagnosa penyakit Anda dengan tepat berdasarkan data rekam medis yang sudah Anda upload pada fitur catatan medis.

Fitur Pemeriksaan Mandiri
Fitur pemeriksaan mandiri diantaranya yaitu fitur pengingat jadwal kontrol, jadwal minum obat, panduan pencegahan penyakit jantung maupun hidup sehat, dan fitur lainnya benar-benar akan memudahkan pengguna Jantungku untuk mendapatkan layanan kesehatan jantung yang efektif, efisien, dan lengkap. Selain itu, Jantungku bukan hanya berupaya untuk memberikan layanan terhadap penderita penyakit jantung saja, namun juga upaya pencegahan yang dapat dilakukan oleh individu.

Fitur Pertolongan Pertama
Fitur ini sangat membantu untuk menangani seseorang yang terkena serangan jantung, dalam fitur ini dijelaskan dengan terperinci mengenai langkah – langkah pertolongan pertama yang harus dilakukan untuk menagani seseorang yang terkena serangan jantung.

Fitur Kalkulator Kesehatan
Melalui Jantungku, individu dapat menghitung persentase kemungkinan mereka terkenan penyakit jantung dengan fitur kalkulator kesehatan, sehingga individu tersebut mampu mencegah terjadinya penyakit jantung dan memulai atau melanjutkan kebiasaan hidup sehat. Manfaat lain dari fitur ini juga Anda dapat mengelola kalori yangdibutuhkan oleh tubuh Anda, sehingga dapat membantu program diet.

Artikel Kesehatan Jantung
Jantungku juga dilengkapi dengan berbagai artikel mengenai berita kesehatan jantung, info kesehatan jantung, tips & trik, dan jurnal kesehatan jantung. Semua artikel tersebut ditinjau langsung oleh para Dokter Spesialis Jantung yang bergabung dalam aplikasi Jantungku. (TRI)

Leave a Reply

Your email address will not be published.