Flyover Kopo Sepanjang 1.3 Kilometer Mulai Dibuka dan Ujicoba  Perdana

BANDUNG INSPIRA,- Uji coba perdana Flyover Kopo mulai dilakukan Kamis (19/5/2022) hingga satu pekan kedepan.

Uji coba tersebut dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung untuk mengetahui kondisi jalan dan sejumlah persoalan.

Kepala Bidang  Keselamatan dan Ketertiban Transportasi Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Asep Kuswara, uji coba Flyover Kopo tersebut dilintasi kendaraan untuk dua arah. Yakni kendaraan dari arah Timur seperti dari Cibiru, Cileunyi menuju ke arah Barat ke Bandung dan Cimahi dan sebaliknya kendaraan dari arah Barat ke Timur.

“Namun, uji coba Flyover Kopo tidak kita lakukan setiap hari. Hanya pada waktu-waktu tertentu,” ungkapnya saat dikonfirmasi melalui telepon seluler, Kamis (19/5/2022).

Diakuinya, pembangunan Flyover Kopo sudah mencapai 90 persen lebih dan hanya tersisa pemasangan penerangan jalan umum dan rambu-rambu.

Lebih jauh, Asep juga menjelaskan, uji coba tersebut  dilakukan untuk mengetahui apakah terjadi friksi antara ban kendaraan dengan struktur jalan. Termasuk apabila kendaraan tengah berjalan menurun dari flyover mengalami kendala atau tidak.

“Sementara ini kita belum sampai kesimpulan karena uji coba ini masih berlangsung satu minggu ke depan,” paparnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemkot Bandung menargetkan Flyover Kopo dapat dipergunakan pada momen Lebaran 1443 Hijriah kemarin. Namun perkiraan tersebut meleset, karena masih terdapat proses pembangunan yang  dikerjakan oleh pengembang.

Pembangunan flyover terdiri dari jembatan sepanjang 1,3 km dan sepanjang 0,40 km frontage. Flyover kopo dibangun menggunakan bore pile diameter 1,2 meter, dengan panjang 24 – 25 meter (FO) spun Pile diameter 0,50 meter, panjang 17 – 18 meter (Pile Slab).

Struktur  jembatan dengan tehnik, single pier jarak antar Pier 45,5 m dan 50 m balok PCI girden 45,5 m. Untuk di atas eksisting jalan balok PCU Girden 49 m untuk eksisting persimpangan raya Kopo dan Persimpangan Cibaduyut. (TRI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *