Atalia Ajak Siswa-Siswi SMA di Kota Cimahi Jadi Pembuat Konten Positif dan Kreatif

KOTA CIMAHI INSPIRA – Bunda Literasi Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil mengajak siswa-siswi SMA di Kota Cimahi untuk membuat konten-konten positif dengan kreatif. Hal itu sebagai upaya mengasah kreativitas sekaligus menangkal hoaks.

“Kita tahu berita hoaks beredar dengan sangat cepat, maka kita harus menyeimbangkan dengan konten-konten yang positif,” kata Atalia dalam acara Pelatihan Membuat Konten Video Profil dengan Smartphone bersama Universitas Widyatama di SMAN 1 Kota Cimahi, Senin (12/12/2022).

Dalam acara yang dihadiri 60 siswa-siswi dari berbagai sekolah di Kota Cimahi tersebut, Atalia juga melaporkan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai sekitar 200 juta orang. Karena itu, generasi muda harus berkontribusi memastikan ruang-ruang siber berisi konten-konten positif dan kreatif.

“Kalau kita baca data itu, ternyata dari 270 juta manusia yang ada di Indonesia, 200 jutanya itu adalah pengguna internet. Terus kemudian juga karena begitu banyaknya arus informasi akan berhamburan, maka kita butuh generasi yang melek literasi digital,” ucapnya.

Selain untuk mengasah kreativitas sekaligus menangkal hoaks, kata Atalia, pembuat konten kreatif berpotensi mendapatkan penghasilan dan berdampak baik pada perekonomian nasional.

“Kreativitas di dunia digital itu akan menambah penghasilan bagi kita, yang nanti akan mengubah menjadi afeksi. Jadi keinginan dan nanti akan jadi psikomotorik yang berkelanjutan,” tuturnya. (EN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *