BERITA INSPIRANASIONAL

Tahun Ini PT KAI Akan Ganti Rel Kayu dengan Bantalan Sintesis

BANDUNG INSPIRA – PT KAI sudah memprogramkan adanya pergantian semua bantalan rel kayu menjadi sintesis di tahun ini.

Dikutip dari travel detik, Vice President Publik Relations KAI, Anne Purba menyebutkan bahwa 2022 KAI telah melakukan pengadaan bantalan sintesis sebanyak 5.656 batang, 2023 menjadi 16.353 batang, lalu 2024 direncanakan akan diganti 15.864 batang kayu menjadi sintesis.

Ia mengungkapan, bantalan kayu yang digunakan pada rel kereta kurang baik digunakan untuk jangka panjang.

” Bantalan kayu selain kurang ramah lingkungan, tentunya kurang tahan lama dan mudah lapuk terutama di daerah dengan tingkat kelembaban yang tinggi. Dengan ciri khas tersebut, masa penggunaan bahan sintesis akan lebih lama dibandingkan dengan bahan kayu, sehingga KAI dapat lebih efesiensi dalam pembiayaan perawatan prasarananya,” kata Anne.

Dengan adanya pergantian bahan sintesis, umur teknisnya akan lebih panjang dan lebih aman. Selain itu, pergantian bahan ini bisa meminimalisir penebangan batang pohon.

Dalam programnya, KAI telah melakukan serangkaian pengujian untuk memastikan bahwa material sintesis memnuhi spesifikasi teknis yang ditetapkan.

Pengujian yang dilakukan sangatlah banyak, seperti uji kelenturan dan modulus, uji ketahanan beban lentur, uji ketahanan tekan longitudinal, uji kuat geser, uji kuat geser lekat, uji tegangan tembus arus boak-balik, uji resistensi isolasi arus searah, uji kekuatan cabut screw spike, pengukuran dimensi, uji ketahanan api, uji ketahanan fatik, dan uji ketahanan terhadap cuaca. (Halfa Gia)**

About Us

Inspira Media adalah Media Holding yang bergerak di bidang content creator, content management, serta distribusi informasi dan hiburan melalui berbagai platform.