Tumbuhkan Rasa Cinta Anak Terhadap Sepeda Melalui Hello Bike Festival 2022

Komunitas Bike To Work Bandung dengan Greeners.co telah berhasil menyelenggarakan Hello Bike Festival 2022 di Summarecon Mall Bandung.

Acara tersebut berlangsung selama 3 hari di tanggal 4,5, dan 6 November 2022. Perdana untuk pertama kalinya acara Hello Bike Festival ini diselenggarakan yang langsung dibuka oleh Pemerintah Kota Bandung pada hari Jum’at (4/11).

Hello Bike Festival sendiri merupakan sebuah ajang sosialisasi dan kampanye untuk program bersepeda khususnya di Kota Bandung sekaligus dengan peresmian Pemerintah Kota Bandung dengan adanya akselerasi gerakan bersepeda di Kota Bandung untuk tingkat SMP. 

Syaiful Rochman kepada tim liputan Inspira TV (6/11).

Ketua Pelaksana Syaiful Rochman menyebutkan fokus penguatan pada kegiatan ini adalah bersepeda untuk kalangan anak-anak sekolah.

“Karena kami penyelenggara menganggap bahwa sangat penting sekali ditingkatkan penyadaran tentang pentingnya menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan, khususnya untuk mengurangi polusi. Karena sistem zonasi sekolah saat ini yang jaraknya 1-3 kilo, sehingga kami berpikir akan lebih baik kalau anak-anak itu bersepeda sekolah. Dan untuk mengurangi tingkat kemacetan di tiap-tiap sekolah.” kata Syaiful kepada tim liputan Inspira TV (6/11).

Acara tersebut pun sukses dihadiri oleh Dinas pendidikan Kota Bandung, para Komunitas Sepeda Kota Bandung, sekolah-sekolah SMP di Kota Bandung yang berjumlah sekitar 80-an, dan tentunya warga sekitar.

Lina Yulyanti Ketua Komunitas Sepeda GBC, mengungkapkan kegembiraannya atas acara Hello Bike yang diselenggarakan tahun ini. Karena komunitas sepedanya bisa mendapat lebih banyak lagi relasi yang didapatkan dari acara Hello Bike Festival ini.

“Saya dari Komunitas GBC Gowes Bebedahan Ceria, Dengan adanya Hello Bike, jadi kita bisa ikut berpartisipasi, banyak teman dari manapun. Mudah-mudahan Hello Bike tiap tahunnya bisa diadakan dan sukses selalu, juga untuk Summarecon Mall juga.” kata Lina kepada tim liputan Inspira TV (6/11).

Anak-anak yang sedang latihan sebelum melakukan Lomba Push Bike.

Di puncak acara pada Hari Minggu (6/11) dikhususkan dengan kegiatan Push Bike Challenge. Kegiatan tersebut diikutsertakan oleh anak-anak dari usia 2-6 tahun.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk menumbuhkan rasa kecintaan anak terhadap sepeda, untuk menciptakan nilai-nilai kekerabatan yang erat anak pesepeda, dan juga untuk meningkatkan value pendidikan pentingnya penggunaan sepeda khususnya di anak-anak muda dan terutama di usia dini.

Untuk kedepannya acara Hello Bike ini akan digelar satu tahun sekali untuk mengetahui bagaimana perkembangan gerakan bersepeda di sekolah-sekolah khususnya Kota Bandung.

(Penulis,

Syfa Putri Amalia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *