Ternyata Pasien Meninggal yang Dicueki Petugas, Lokasinya di RS Hasan Sadikin

BANDUNG INSPIRA,- Dalam sebuahvideo viral yang beredar di media sosial, mengabarkan kalau seorang pasien meninggal dunia usai petugas rumah sakit di Kota Bandung ‘cuek’ tak mengganti tabung oksigen yang sudah habis.

Dari informasi yang didapat, diketahui pasien yang meninggal bernama Asih Sekarning, yang dirawat karena sakit kanker. Pada hari Senin (16/5/2022) pasien dirawat di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

Arief Susanto, suami dari almarhumah, menuturkan sang istri meninggal dunia di RSHS, ketika menjalani perawatan. Pada waktu itu menurutnya kondisi sang istri sedang kritis dengan isi tabung oksigen habis.

“Pas kejadian itu kan oksigen habis, ibu saya sudah dua kali minta ke petugas jaga, cuma tidak ditanggapi. Hanya bilang ‘entar’ dan lama ditanggapinya,” ucap Arief, saat ditemui di TPU Cikutra Bandung, Jumat (20/5/2022).

Melihat kondisi istrinya yang seperti itu, petugas justru tak sigap melayani pasien bahkan lalai untuk untuk mengganti tabung oksigen yang habis.

“Setelah istri saya kritis dan oksigen habis, saya langsung ke petugas jaganya, tapi belum ada juga yang datang, belum ganti. Dari situ, saya marah-marah karena kelalaian petugas jaga, baru pada datang semua,” jelasnya.

Dia tak mengetahui apa yang dilakukan petugas hingga cukup lama menangani istrinya. Barulah setelah ramai di ruangan, petugas datang membawa tabung oksigen baru.

“Tidak tahu pada ke mana dulu. Setelah ramai banget, baru ada yang datang ganti oksigen, tapi istri saya sudah meninggal,” kata dia.

Arief menjelaskan kejadian tersebut bukan hanya sekali yang dialaminya. Dua hari sebelum istrinya meninggal pun sempat terjadi hal serupa.

“Dua hari sebelum meninggal juga sama sempat kehabisan oksigen, sudah laporan ke petugas jaga, tapi pada tidur semua. Sudah saya bangunin, tapi malah pada tidur lagi termasuk satpamnya. Setelah 10 menit, saya langsung lari lagi ke petugas jaga suruh ganti oksigen karena istri saya sudah tidak kuat. Di situ, baru datang. Itu kejadian pertama pas hari Sabtu,” tutur dia.

Sangat disayangkan respon lambat dari pihak rumah sakit membuat dirinya harus kehilangan istri tercinta. Padahal, RSHS adalah RS rujukan di Jawa Barat.

“Pelayanannya yang saya rasa sangat kurang, karena ini sudah dua kali kejadian,” katanya.

Sebelumnya video yang dibagikan @risalunaquen viral di jagat maya. Video berdurasi sekitar 48 detik itu menayangkan kekecewaan keluarga pasien terhadap pelayanan rumah sakit.

Pengunggah video viral itu menuliskan keterangan bahwa pasien meninggal. Sebelumnya, kondisi pasien dro dan pasien membutuhkan oksigen, namun petugas rumah sakit tak kunjung menggantinya.

“Kondisi pasien drop, oksigen habis namun dokter dan perawat tak kunjung mengganti oksigen dengan yang baru sehingga pasien meninggal, setelah pasien meninggal baru oksigen diganti, inikah pelayanan rumah sakit terhadap pasien? seolah acuh akan nyawa pasien,” tulis @risalunaquen.

Pengunggah video mencantumkan lokasi rumah sakitnya. Sehingga warganet pun langsung berkomentar. Diduga kejadian tersebut di RS Hasan Sadikin Bandung sesuai yang tercantum dalam unggahan tersebut. (RED)

Leave a Reply

Your email address will not be published.