BERITA INSPIRAHEADLINE NEWSNASIONAL

Ratusan Warga Keracunan Akibat Pipa Gas Bocor di Karawang

Dokumentasi Husna Bahreisy

BANDUNG INSPIRA –¬†Ratusan warga di Kampung Cigempol, Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Kawarang, Jawa Barat. Kejadian tersebut terjadi pada Sabtu malam (20/1/2024).

Keracunan masal tersebut terjadi diduga akibat kebocoran pipa gas milik PT Pindodel Dua yang berlokasi tidak jauh dari kediaman warga. Menurut keterangan warga, sebelumnya warga melihat asap tebal muncul dan disusul dengan mencium aroma yang tidak sedap.

“Pas lagi di motor sama mamah saya, pas nyampe di PT Tenang Jaya, gas langsung muncul nih, langsung kehirup sama pernapasan. Langsung dada sesek, mual, pusing, ini mamah saya sampe (di rumah sakit), asepnya tebel gitu kaya kabut,” ungkap Nurdiansyah selaku warga sekitar.

Munculnya asap tebal tersebut menyebabkan ratusan warga merasakan pusing, mual, muntah-muntah, sesak napas dan diantaranya jatuh pingsan.

Berdasarkan informasi dari Aep Syaepuloh selaku Bupati Karawang menyatakan, korban akibat kebocoran gas klorin tersebut sebanyak 123 orang yang tercatat melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang hingga Senin (21/1/2024).

Aep menambahkan, ratusan warga yang terdampak peristiwa gas bocor tersebut tengah mendapatkan perawatan di Rumah Sakit (RS) Rosela, RS Mandaya, RS Bayukarta, dan RS Primaya.

Sementara warga mengaku kebocoran pipa gas ini sudah terjadi sebanyak lima kali dalam kurun waktu dua tahun terakhir dan menyebabkan sejumlah warga mengalami keracunan. Hingga kini, petugas masih petugas masih menyelidiki penyebab pasti dari keracunan tersebut. (Tiaranissa)**

About Us

Inspira Media adalah Media Holding yang bergerak di bidang content creator, content management, serta distribusi informasi dan hiburan melalui berbagai platform.