PSSI Minta AFF Investigasi Pertandingan Thailand vs Vietnam

BANDUNG INSPIRA – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) secepatnya akan menyurati Asian Footbal Federation (AFF) usai Tim Nasional (Timnas) U-19 gagal melaju ke semi final piala AFF U-19 2022. Langkah tersebut dilakukan pasca adanya kejanggalan dari pertandingan antara Thailand melawan Vietnam yang lolos ke babak selanjutnya usai mengakhiri laga dengan skor seri.

Demikian disampaikan ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan dalam keterangan yang diterima redaksi, Senin (11/7).

‘’Kalau mereka (Thailand vs Vietnam) mainnya benar, saya tidak masalah. Ini terlihat mereka main-main. Ini yang membuat kami terluka. Itu sebabnya saya akan mengirim surat protes resmi kepada AFF agar mereka melakukan investigasi melalui Komite Disiplin (Komdis) AFF. Apakah ada match fixing atau tidak. Kalau tidak terbukti ya tidak masalah,” jelas pria dikenal dengan sebutan Iwan Bule itu.

Ia mengaku mendapat desakan dari para pendukung Timnas Indonesia karena menilai Thailand dan Vietnam bertanding dengan tidak sportif.

“Saat ini banyak nitizen yang meminta Indonesia keluar dari AFF karena mereka menganggap ada permainan,’’ tegasnya.

Iwan Bule menegaskan bahwa pihaknya tidak mempermasalahkan regulasi dari piala AFF U-19 2022. Akan, tetapi, PSSI melihat dalam 27 menit terakhir laga Thailand dan Vietnam tidak bermain secara fair play.

“Soal regulasi AFF ini tidak ada masalah. Sebab, saat manager meeting sudah dibahas dan PSSI memahami itu, PSSI melihat saat laga antara Thailand dan Vietnam ada sesuatu yang tidak berjalan sebagaimana mestinya (fairplay). Apakah pantas sebuah negara besar seperti itu melakukan hal itu. PSSI tidak menuduh, tetapi kita hanya mempertanyakan,” tegasnya.

Di sisi lain, Iriawan mengucapkan terima kasih kepada semua pemain dan ofisial yang telah berjuang maksimal dan tidak kenal lelah. Iriawan juga mengapresiasi suporter yang tidak kenal lelah mendukung timnas Indonesia.

‘’Sekali lagi terima kasih semuanya. Terima kasih juga kepada pemerintah dalam hal ini Kemenpora yang terus mendukung PSSI selama ini,” tandasnya.

Sebelumnya, Meski menang telak melawan Myanmar, Timnas Indonesia tetap gagal melaju ke semifinal Piala AFF U-19 2022. Timnas U-19 Indonesia tersingkir karena kalah head to head lawan Thailand dan Vietnam di klasemen akhir. (TRI)

Leave a Reply

Your email address will not be published.