Pak Uu: Imtak dan Iptek Tak Bisa Dipisahkan

KABUPATEN SUMEDANG INSPIRA — Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menjadi pembina upacara apel pagi sekaligus meninjau kegiatan pembelajaran siswa di SMA Terpadu Al Aqsa Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Rabu (25/1/2023).

Dalam arahannya, Pak Uu –sapaan Uu Ruzhanul– menekankan pentingnya menjaga keseimbangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) dengan Iman dan Takwa (Imtak).

Hal itu, kata Pak Uu, merupakan pesan Presiden Republik Indonesia (RI) ke-3 BJ Habibie yang kerap menggelorakan bahwa Iptek dan Imtak saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan.

“Sehingga akan lahir generasi yang kata Pak Habibie punya Imtak dan Iptek, memiliki keahlian duniawi dan ukhrawi, sehingga lahir generasi yang multidimensi meneruskan perjuangan bangsa,” ucap Pak Uu.

Selain itu, Pak Uu juga berpesan kepada para pelajar untuk terus mengasah kapasitas dan kapabilitas agar mampu menjawab tantangan zaman yang dinamis. Adapun tiga hal yang perlu diperkuat oleh para pelajar yakni literasi digital, kemampuan berkomunikasi, dan berorganisasi.

“Saya mendoakan adik- adik (siswa/siswi) jadi orang hebat, bermanfaat,” ucapnya. “Mudah-mudahan juga kepemimpinan kami sekarang ada dalam ridho Allah SWT, membawa kemaslahatan sesuai visi Jabar Juara Lahir Batin,” imbuhnya.

Pak Uu pun menuturkan, kehadirannya di sekolah-sekolah di Jabar adalah bukti adanya komunikasi yang baik antara pemerintah dan insan pendidikan. Dengan begitu, silaturahmi dan hubungan akan terjalin. Hal itu penting supaya koordinasi antarpihak dapat berjalan optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *