Ono Surono : Pangandaran Sukses Jadi Daerah Otonom Baru

PANGANDARAN INSPIRA – Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Ono Surono, menilai Kabupaten Pangandaran merupakan contoh daerah pemekaran yang berhasil.

Dikatakan Ono, Kabupaten Pangandaran adalah contoh daerah otonom baru yang bisa membuka jalan bagi pemekaran-pemekaran daerah lain di Jawa Barat.

“Kabupaten Pangandaran merupakan contoh Daerah Otonomi Baru (DOB) yang berhasil. Keberhasilan Kabupaten Pangandaran bisa dijadikan rujukan bagi pemekaran daerah-daerah otonom baru di Jawa Barat,” kata Ono saat memberikan sambutan di acara uji coba jembatan Karangtirta Kabupaten Pangandaran, Minggu (12/3/2023).

Ono yang juga anggota Komisi IV DPR RI ini mengungkapkan, jika Kabupaten Pangandaran telah berhasil mengembangkan potensi daerahnya, salah satunya dalam bidang wisata dan pemberdayaan masyarakat.

Ono juga mengatakan, ratusan daerah otonom baru telah dibentuk sejak era reformasi, salah satunya Pangandaran. Akan tetapi tidak semua daerah otonom baru berhasil berkembang pesat.

“Pangandaran ini termasuk yang pesat perkembangannya. Bisa dilihat dari penataan pantai Pangandaran telah menjadi destinasi yang hebat di Jabar. Lalu pembangunan infrastruktur jalan berkembang pesat dan sudah bagus,” tutur Ono.

Menurut Ono, peran Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata juga secara aktif mencari anggaran untuk membangun Pangandaran. Bahkan, disampaikan Ono, Jeje juga datang ke Komisi IV DPR.

“Pak Bupati Jeje ini tidak tinggal diam. Dia jago cari anggaran, sehingga Pangandaran bisa berkembang,” ujarnya.

Ono menambahkan, tak hanya membangun infrastruktur yang mumpuni, bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan, Pangandaran kini memiliki aquarium besar.

Dari sisi pelayanan kesehatan, kata Ono, Pangandaran telah membangun rumah sakit dan puskemas yang bagus.

“Di sisi investasi telah lahir banyak hotel berbintang yang masuk ke Pangandaran. Hal itu membuktikan Pangandaran nyaman untuk investasi dan perkembangannya bagus,” kata Ono.

Sebagai informasi, keberadaan jembatan Karangtirta merupakan jalur penghubung antara wisata pantai Pangandaran, pantai Batu Hiu, pantai Batu Karas sampai ke pantai Madasari.

Di Pangandaran, selain membangun jembatan, dibuka juga jalan baru lintas pantai sebagai akses penyatu wisata pantai di Kabupaten Pangandaran.

Uji coba jembatan dan jalan baru ini diikuti oleh ribuan kendaraan roda dua. Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata melepas rombongan pemotor ini.

Dalam kesempatan tersebut, Ono dan Bupati Jeje turut menyusuri jalan wisata baru Pangandaran dengan menggunakan sepeda motor.

Pada momen ini, turut hadir anggota DPRD Jabar Ijah Hartini, Wakil Bupati Pangandaran Ujang Endin, Sekda Pangandaran Kusdiana dan tamu undangan lain serta ribuan warga masyarakat. *(Roska)