Morgan Freeman, Jungkook BTS, Hingga Lantunan Al-Quran di Opening Ceremony FIFA World Cup 2022

Upacara pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar telah usai digelar pada Minggu malam (20/11) pukul 21.40 WIB di Stadion Al Bayt, Al Khor, utara Doha, Qatar. Berbagai performa ditampilkan dan terdapat beberapa hal menarik yang menjadi sorotan dunia pada perhelatan akbar sepak bola empat tahunan ini.

Morgan Freeman Sebagai Narator

Morgan Freeman bersama Ghanim Al-muftah (Pic : AP/Natacha Pisarenko).

Aktor veteran asal Amerika Serikat, Morgan Freeman ikut memeriahkan upacara pembukaan tersebut. Ia menjadi narator dan ditemani oleh Ghanim Al-muftah yang saling berkisah tentang kemanusiaan dan persatuan.

“Sepak bola memperluas dunia, menyatukan bangsa dalam kecintaan mereka pada permainan yang berharga ini. Apa yang menyatukan bangsa, menyatukan komunitas bersama. Kita semua memiliki sejarah sepak bola, begitu pula Qatar.” tutur Morgan.

Kehadiran Morgan Freeman ini pun menghebohkan netizen. Banyak reaksi yang diberikan netizen di media sosial, dari suaranya yang berwibawa, soal tangan kirinya yang lumpuh sehingga memakai sarung tangan kompresi, hingga Italia yang kena sentil akibat Morgan Freeman memiliki lebih banyak penampilan di Piala Dunia ketimbang Italia sejak tahun 2014.

Lantunan Ayat Suci Al-Qur’an Dibacakan Pada Pembukaan Piala Dunia

Ghanim Al-Muftah dalam acara pembukaan Piala Dunia (pic : Reuters)

Ghanim Al-Muftah merupakan YouTuber dan menjadi difabel duta Piala Dunia 2022. Ia hadir dalam acara pembukaan Piala Dunia untuk menemani teatrikal bersama Morgan Freeman dan melantunkan ayat suci Al-Qur’an.

Surat Al-Hujurat ayat ke-13 dibacakan Ghanim dengan indah. Ayat Qur’an itu sendiri memiliki makna yang mengartikan keberagaman dalam dunia dan piala dunia bisa menjadi ajang pemersatu keberagaman tersebut.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَٰكُم مِّن ذَكَرٍ وَأُنثَىٰ وَجَعَلْنَٰكُمْ شُعُوبًا وَقَبَآئِلَ لِتَعَارَفُوٓا۟ ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِندَ ٱللَّهِ أَتْقَىٰكُمْ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

‘Yā ayyuhan-nāsu innā khalaqnākum min żakariw wa unṡā wa ja’alnākum syu’ụbaw wa qabā`ila lita’ārafụ’

“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal,” ujar Ghanim mengartikan ayat tersebut.

Penampilan Jungkook BTS Di Pembukaan Piala Dunia

Jungkook sedang membawakan lagu Dreamers (pic : AP/Manu Fernandez)

Penampilan member BTS ini memang menjadi yang paling ditunggu dan ia berhasil membuka Piala Dunia 2022 dengan sangat meriah.

Jungkook BTS atau yang memiliki nama lengkap Jeon Jungkook Jungkook membawakan lagu Dreamers, official soundtrack FIFA World Cup 2022. Terlihat pula Jungkook membawakan lagu Dreamers sambil melakukan dance dengan sangat lincahnya.

Lagu-lagu opening ceremony sejak Piala Dunia 2010 sampai 2022 digaungkan bersamaan dengan tari-tarian. Permainan lighting pun membuat suasana menjadi semakin semarak. 

Kembang api turut memeriahkan pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar (pic : AP/Aijaz Rahi).

Pada puncak acara ditampilkan aneka kembang api  yang meriah yang menandakan Piala Dunia 2022 dimulai!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *